alexametrics

9 Fungsi Pancasila di Indonesia dari Ideologi Negara hingga Falsafah Hidup

Rifan Aditya
9 Fungsi Pancasila di Indonesia dari Ideologi Negara hingga Falsafah Hidup
Ilustrasi Pancasila (shutterstock)

Apakah Anda sudah tahu fungsi Pancasila di Indonesia?

Suara.com - Mungkin kalian telah hafal isi Pancasila. Tapi apakah Anda sudah tahu fungsi Pancasila di Indonesia?

Setiap sila pada Pancasila mengandung empat sila lainnya, itulah mengapa Pancasila merupakan rangkaian kesatuan dan kebulatan yang tidak terpisahkan.

Kedudukan dari masing-masing sila tidak dapat ditukar tempatnya atau dipindah-pindahkan. Hal ini sesuai dengan susunan sila yang bersifat sistematik-hierarkis, artinya kelima sila dalam Pancasila menunjukkan suatu rangkaian urutan yang bertingkat. Setiap sila memiliki tempatnya sendiri di dalam rangkaian susunan kesatuan, sehingga tidak dapat dipindahkan.

Berikut sembilan fungsi Pancasila di Indonesia yang perlu Anda ketahui, simak baik-baik.

Baca Juga: Makna, Lambang dan Isi Pancasila, Ini Butir Pengamalan Sila 1-5

1. Pancasila sebagai ideologi negara

Pancasila sebagai ideologi negara merupakan tujuan bersama Bangsa Indonesia yang diimplementasikan di dalam Pembangunan Nasional.

2. Pancasila sebagai dasar negara

Pancasila sebagai dasar negara atau sering juga disebut sebagai Dasar Falsafah Negara atau ideologi negara. Hal ini mengandung pengertian bahwa Pancasila sebagai dasar yang mengatur penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia.

3. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia

Baca Juga: Daftar Hari Nasional 2021 di Indonesia, Termasuk Hari Libur Nasional

Bahwa setiap bangsa memiliki jiwanya masing-masing yang disebut Volkgeist yang artinya jiwa rakyat atau jiwa bangsa. Pancasila sebagai jiwa bangsa lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia yaitu pada zaman Sriwijaya dan Majapahit. Pancasila itu sendiri ada sejak adanya Bangsa Indonesia.

Komentar