alexametrics

Niat Sholat Subuh Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya

Rifan Aditya
Niat Sholat Subuh Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya
Ilustrasi Salat, Niat Sholat Subuh . (Elements Envato)

Berikut ini niat sholat subuh yang lengkap dengan bacaan latin dan artinya. Sholat subuh adalah salah satu ibadah wajib bagi umat muslim.

Suara.com - Berikut ini niat sholat subuh yang lengkap dengan bacaan latin dan artinya. Sholat subuh adalah salah satu ibadah wajib bagi umat muslim. Sholat ini dilakukan sebanyak dua rakaat saat fajar dan bisa dilaksanakan secara berjamaah maupun individu.

Ketika adzan sholat subuh berkumandang, Allah menyebut bahwa adzan sholat subuh lebih baik daripada tidur. Bagi mereka yang melaksanakan sholat subuh, Allah menjanjikan rahmat. Berikut ini niat sholat subuh.

1. Niat Sholat Subuh

Ushallii fardash-Shubhi rak'ataini mustaqbilal qiblati (adaa'an/makmuuman/imaaman) lillaahi ta'aala.

Baca Juga: Doa Mandi Junub, Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Lengkap

Artinya: Saya niat  sholat  subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'aala.

Perlu diketahui bahwa adaa'an dibaca saat salat sendiri atau individu, makmuuman dibaca saat  sholat  sebagai makmum, dan imaaman dibaca ketika menjadi imam.

2. Tata Cara Sholat Subuh

Setelah membaca niat sholat subuh, maka dilanjutnya melaksanakan sholat seperti biasa dengan mengawali dengan bacaan  takbiratul ihram, membaca doa iftitah, membaca Al-Fatihah, membaca ayat pendek, rukuk, i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud.

Sedangkan pada rakaat kedua dimulai dengan membaca surat Al-Fatihah, surat pendek, rukuk,  i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud, duduk tahiyat akhir, dan diakhiri dengan salam.

Baca Juga: Niat Salat Dhuha dengan Arti dan Bacaan Latinnya

3. Keutamaan Sholat Subuh

Komentar