alexametrics

NASA Publikasikan Video Pertama dari Penjelajah Perseverance dari Mars

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
NASA Publikasikan Video Pertama dari Penjelajah Perseverance dari Mars
Gambar pertama yang dikirimkan robot Perseverance dari Planet Mars.[Twitter]

Video tersebut merupakan yang pertama sejak robot Perseverance berhasil mendarat.

Suara.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (NASA) merilis video pertama dari robot penjelajah Perseverance yang berhasil mendarat di Mars pekan lalu.

NASA mengunggah video rekaman dari planet Mars tersebut pada Senin (22/2) di akun Twitter resmi penjelajah Preverance Mars.

Dalam video berdurasi tiga setengah menit tersebut diawali dengan gambar parasut yang terbuka yang membawa Perseverance, yang berhasil mendarat pada Kamis. Video diakhiri dengan roda Perseverance yang menyentuh permukaan Mars.

Video tersebut juga menyajikan rekaman suara pertama dari suara dari planet yang juga dijuluki Planet Merah. tersebut.

Baca Juga: Kematian Covid-19 Tembus 500 Ribu Orang, AS Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Dalam rekaman tersebut, terdengar suara angin sepoi-sepoi, selain suara mekanis dari penjelajah yang beroperasi di permukaan, kata NASA dalam sebuah pernyataan.

Seperti diwartakan Anadolu Agency, Selasa (22/2/2021) NASA menyebutkan video tersebut diambil dari ketinggian 7 mil (sekitar 11 kilometer) di atas permukaan Mars.

"Video Perseverance ini adalah yang paling dekat yang bisa Anda dapatkan untuk mendarat di Mars tanpa mengenakan jubah," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi NASA untuk Direktorat Misi Sains di markas besar NASA.

Penjabat Administrator NASA Steve Jurczyk mengatakan "Perseverance baru saja mulai dan telah memberikan beberapa visual paling ikonik dalam sejarah eksplorasi ruang angkasa."

Robot penjelajah tersebut mendarat di Kawah Jezero yang sangat besar, yang diyakini para ilmuwan mungkin berisi tanda-tanda kehidupan mikroba purba yang dicari oleh Perseverance.

Baca Juga: Modus Baru, Bea Cukai AS Temukan Kokain yang Sudah Tercampur Sereal

Kawah tersebut dulunya merupakan lokasi danau dan delta sungai yang luas yang secara teoritis menjadi tempat kondisi optimal bagi mikroorganisme untuk hidup dan dilestarikan.

Perjalanan Perseverance ke Mars memakan waktu hampir tujuh bulan, dan sekarang akan memulai proses pengumpulan sampel inti batuan yang akan disimpan dalam tabung dan kemudian pulang ke ke Bumi.

Komentar