alexametrics

Niat Sholat Tarawih dan Witir dengan Jumlah Rakaat Tertentu

Rifan Aditya
Niat Sholat Tarawih dan Witir dengan Jumlah Rakaat Tertentu
Ilustrasi niat sholat tarawih dan witir - Ribuan umat muslim melaksanakan salat Tarawih pertama di bulan suci Ramadan 1437 H, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (5/6)

Apakah kalian masih ingat dengan niat sholat tarawih dan witir, mengingat bulan Ramadhan 2021 akan tiba sebentar lagi?

Suara.com - Bulan Ramadhan 2021 akan tiba tidak lama lagi, kurang dari satu bulan. Amalan sholat malam seperti tarawih dan witir dianjurkan untuk dikerjakan. Nah, apakah kalian masih ingat dengan niat sholat tarawih dan witir?

Seperti biasa, selama bulan Ramadhan, umat muslim akan menjalankan ibadah shalat tarawih, witir, dan puasa Ramadhan. Agar ibadah shalat tarawih, witir, dan puasa Ramadhan diterima oleh Allah SWT, pengerjaannya harus didahului dengan membaca niat yang tulus.

Dalam artikel ini, kita akan fokus mempelajari shalat tarawih dan witir. Berikut niat sholat tarawih dan witir.

Niat Sholat Tarawih

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Witir, Latin dan Terjemahannya

Dalam menjalankan shalat Tarawih, kita diwajibkan untuk membaca niat dan menjalankan shalat seuai dengan urutan yang telah ditetapkan. Berikut lafal niat shalat tarawih yang harus dilaksanakan sebelum takbirotul ikhram.

Ushalli sunnatat Tarwhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an imman lillhi ta‘l.

Artinya: "Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah."

Niat di atas merupakan niat sholat tarawih yang berlaku untuk imam, sedangkan bila kita berposisi sebagai makmum maka berikut adalah niat shalat tarawih sebagai makmum.

Ushalli sunnatat Tarwhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an ma’mman lillhi ta‘l.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tarawih di Rumah Sesuai Urutan yang Benar

Artinya: Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah."

Komentar