alexametrics

Kunjungi Penataan Borobudur, Ganjar Pranowo Atasi Masalah dengan Cepat

Fabiola Febrinastri
Kunjungi Penataan Borobudur, Ganjar Pranowo Atasi Masalah dengan Cepat
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di kompleks Candi Borobudur, Kamis (8/4/2021). (Dok : Pemprov Jateng)

Sejumlah pekerjaan fisik di kawasan Borobudur sudah berjalan.

Suara.com - Dengan bersepeda, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo keliling Magelang untuk memantau sejumlah proyek yang kini sedang berlangsung dan sempat menjadi mandor proyek penataan kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jateng, Kamis (8/4/2021). Beberapa proyek dikunjungi Ganjar, antara lain pengolahan sampah di Desa Tuksongo, pembangunan community center Desa Kembanglimus, pembangunan gerbang Palbapang dan pengembangan desa akses budaya Mendut-Pawon, tepatnya di Desa Bojong, Magelang.

Tak hanya mengecek progres pembangunan, Ganjar juga menanyakan secara langsung masalah yang ada. Seperti saat meninjau pembangunan gerbang Palbapang, Ganjar mendapat laporan adanya kendala tiang listrik di lokasi proyek.

Ia pun langsung meminta Asisten Ekonomi dan Pengembangan, Peni Rahayu untuk menelepon langsung General Manager PLN. Setelah ditelepon, persoalan itu langsung selesai.

"Ini konsekuensi. Setelah saya minta izin ke pak Menko untuk jadi mandor, saya harus memantau secara langsung, sehingga persoalan seperti dengan PLN tadi, langsung telepon GM dan selesai. Secepat itu sebenarnya kita menyelesaikan masalah di lapangan," kata Ganjar.

Baca Juga: SMRC: Pendukung Jokowi Dukung Ganjar Pranowo Terkait Capres 2024

Tak hanya itu, Ganjar juga menemukan persoalan pembangunan yang harus merubah tata ruang. Dalam kesempatan itu, Ganjar langsung bicara dengan Pemkab Magelang dan segera diproses cepat.

"Maksud saya, yang pernik-pernik ini bisa cepat, kalau ada yang tersumbat harus dibolongi. Nanti yang sifatnya butuh kebijakan lebih besar, tentu kami konsultasi dengan pusat. Jadi hari ini, saya menjalankan tugas mandor itu," ucapnya.

Dari pantauannya, sejumlah pekerjaan fisik di kawasan Borobudur sudah berjalan. Setidaknya, ada 13 titik pekerjaan fisik yang sedang dikerjakan.

"Saya lihat progresnya bagus, sudah ada yang dibangun. Ada di satu lokasi progresnya sampai 6 persen. Saya minta ada laporan mingguan, sehingga bisa kami pantau," tegasnya.

Selain itu, ada pula pengolahan sampah di sejumlah titik di Borobudur yang ditinjaunya. Ia optimistis, pengembangan itu akan membuat kebersihan lingkungan terjaga.

Baca Juga: Prabowo, RK, AHY hingga Anies Keok, Ganjar Pranowo Teratas Survei Capres

"Bagus tadi saya tengok, pengolahan sampahnya terpadu, kebersihan terjaga. Kalau semua sampah di Borobudur bisa ditangani dengan baik, tentu ini akan bagus," tegasnya.

Komentar