alexametrics

Doa Sahur dan Buka Puasa Lengkap Dengan Artinya

Rifan Aditya
Doa Sahur dan Buka Puasa Lengkap Dengan Artinya
Doa Sahur dan Buka Puasa Lengkap Dengan Artinya - foto ilustrasi - Umat muslim berbuka puasa bersama di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (9/6).

Apakah anda sudah hafal dengan bacaan doa sahur dan buka puasa?

Suara.com - Bulan Ramadhan sudah tiba dan inilah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa. Apakah anda sudah hafal dengan bacaan doa sahur dan buka puasa?

Puasa Ramadhan wajib dilakukan umat Islam yang sudah berakal atau baligh, sehat, bukan musafir dan tidak sedang melakukan perjalanan jauh. Untuk seorang wanita, ada syarat tambahan yakni suci dari haid dan juga nifas. Agar puasa dapat berjalan lancar dan diterima oleh Allah SWT, berikut doa sahur dan buka puasa yang sebaiknya diamalkan dengan baik.

Doa Sahur

Memulai puasa Ramadhan harus disertai dengan niat. Niat Puasa diucapkan saat sebelum matahari terbit atau saat malam hari.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Tangerang Selatan Hari Ini 14 April 2021

Niat Puasa dan sekaligus doa sahur untuk Puasa Ramadhan ialah sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa.

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Doa sahur tersebut dapat diucapkan sebelum imsak.

Doa Buka Puasa

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Jakarta Hari Ini 14 April 2021

Buka Puasa Ramadhan juga harus disertai niat sebagai wujud nyata kita dapat bersyukur atas karunia dan nikmat yang kita dapatkan. Tidak hanya berupa makanan yang dapat kita santap saat berbuka tetapi juga berkah kesehatan sehingga kita dapat menikmati Ramadhan lagi.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar