alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: SBY Janji Jadikan Indonesia Negara Maju Jika Masuk Pemerintahan?

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: SBY Janji Jadikan Indonesia Negara Maju Jika Masuk Pemerintahan?
Fakta janji SBY bawa Indonesia jadi negara maju (Turnbackhoax.id)

Benarkah SBY berjanji akan membawa Indonesia jadi negara maju jika masuk pemerintahan? Simak penjelasannya berikut

Suara.com - Beredar narasi yang menyebutkan mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjanji akan membawa Indonesia menjadi negara maju jika partai besutannya masuk ke pemerintahan.

Narasi tersebut dimuat oleh akun Facebook bernama Eben Haezer. Akun tersebut membagikan status dan foto tangkapan layar sebuah artikel berjudul "SBY: Jika Demokrat dipercaya lagi menjalankan pemerintahan, Saya janji Indonesia akan kami jadikan Negara Maju"

Akun tersebut juga menambahkan narasi dalam unggahannya sebagai berikut:

"Bikin maju belum ada buktinya, kalau mangkrak mah iya, korupsinya nambah".

Baca Juga: CEK FAKTA: Lansia Pakai Alat Bantu Pernapasan di Jalan, Efek Ledakan Corona

Benarkah klaim tersebut?

Fakta janji SBY bawa Indonesia jadi negara maju (Turnbackhoax.id)
Fakta janji SBY bawa Indonesia jadi negara maju (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Selasa (27/4/2021), klaim yang menyebut SBY berjanji menjadikan Indonesia negara maju adalah klaim yang salah.

Setelah ditelusuri, tidak ada sumber kredibel yang menyebutkan SBY menyatakan janji tersebut selain diunggah dalam laman blogspot parbengkeldoau.blogspot.com.

Tulisan dalam blog tersebut dimuat pada 2017 silam.

Baca Juga: CEK FAKTA: Sebelum Lebaran, MUI Terbitkan Fatwa Haram Main Game Free Fire?

Secara keseluruhan tulisan di blog tersebut membahas mengenai pidato sambutan SBY dalam rangka HUT ke-16 Partai Demokrat.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar