alexametrics

Jadwal Nuzulul Quran 2021 dan Peristiwa Penting Lain di 17 Ramadhan

Rifan Aditya
Jadwal Nuzulul Quran 2021 dan Peristiwa Penting Lain di 17 Ramadhan
Jadwal Nuzulul Quran 2021 dan Peristiwa Penting Lain di 17 Ramadhan - Ilustrasi Nuzulul Quran - Pengunjung membaca ayat-ayat yang ada di Al Quran Al-Akbar di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (23/4/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Berikut jadwal Nuzulul Quran 2021 serta peristiwa bersejarah 17 Ramadhan yang perlu anda ketahui.

Suara.com - Tak terasa bulan Ramadhan 1442 H sudah berjalan separuh. Salah satu momen yang ditunggu saat Ramadan adalah Nuzulul Quran. Jadwal Nuzulul Quran selalu diperingati pada 17 Ramadhan

Nuzulul Quran juga menjadi salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi dalam bulan Ramadhan. Peristiwa yang memperingati turunnya ayat Al-Quran untuk pertama kali ini menjadi wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW.

Tahun ini jadwal Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 29 April 2021. Selain Nuzulul Quran, ternyata ada peristiwa penting dan bersejarah lainnya di tanggal 17 Ramadhan. Simak ulasan berikut tentang Nuzulul Quran lengkap dengan peristiwa bersejarah lainnya.

Peristiwa Nuzulul Quran

Baca Juga: Malam Nuzulul Quran, Malam Istimewa Turunnya Kitab Suci Al Quran

Salah satu peristiwa bersejarah yang ada pada bulan Ramadhan adalah Nuzuzul Quran, Nuzulul Quran adalah malam dimana Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Saat peristiwa ini terjadi Nabi Muhammad sedang berada dalam Gua Hira, tepatnya pada 17 Ramadhan SH atau 6 Agustus 610 Masehi. Saat menerima wahyu pertama tersebut Nabi Muhammad berusia 60 tahun, saat itu pula malaikat Jibril menghampirinya dan menurunkan wahyu pertama yaki surat Al-Alaq ayat 1-5:

  1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
  2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah
  3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah
  4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam
  5. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam

Dalam wahyu pertama tersebut dijelaskan bahwa kala itu malaikat Jibril lah yang mengajarkan nabi untuk membaca dan menulis. Sampai saat ini seperti yang kita ketahui bahwa peristiwa Nuzulul Quran terjadi pada tanggal 17 bulan Ramadhan menurut kalender Hijriyah.

Ketika Nabi Muhammad menerima wahyu dari Malaikat Jibril ia merasakan dua hal berbeza, yang pertama mendengar suara lonceng yang berdengung begitu keras dan ia merasakan mengigil di seluruh tubuhnya.

Pada Ramadhan tahun 2021 ini nuzulul Quran jatuh pada tanggal 29 April menurut kalendar masehi. Umumnya peristiwa Nuzulul Quran diperingati dengan melakukan pengajian, istighotsah, tahlil dan mengkhatamkan Al-Quran.

Baca Juga: Doa Malam Nuzulul Quran dan Amalan-amalan yang Perlu Dilakukan

Peristiwa Bersejarah 17 Ramadhan

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar