alexametrics

Fakta-fakta Partai Ummat, Partai Baru yang Didirikan Amien Rais

Farah Nabilla
Fakta-fakta Partai Ummat, Partai Baru yang Didirikan Amien Rais
Deklarasi Partai Ummat yang digelar secara daring lewat channel Youtube Amien Rais Official, Kamis (29/4/2021)

Simak deretan fakta tentang Partai Ummat yang baru saja resmi didirikan Amien Rais berikut ini.

Suara.com - Suara.comAmien Rais telah resmi mendeklarasikan Partai Ummat di Yogyakarta. Ia juga menyampaikan susunan kepengurusannya. Berikut ini fakta-fakta partai Ummat.

Diketahui, pada Kamis (29/4/2021) atau bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan 1442, partai baru bernama partai Ummat dideklarasikan oleh Amien Rais. Mengingat pandemi belum usai, deklarasi  Partai Ummat pun dilakukan secara virtual.

Ridho Rahmadi selaku Ketua Umum Partai Ummat sekaligus menantu Amien Rais menyampaikan, partainya ini terbuka untuk berbagai kalangan, tak terkecuali kalangan non muslim. Berikut ini fakta-fakta partai Ummat.

1. Pendiri ada 99 orang

Baca Juga: Partai Ummat Mau Berjuang Lawan Kezaliman, Ferdinand Beri Sindiran Menohok

Pendiri partai Ummat  ada 99 orang. Selain Amien Rais, pendiri partai Ummat juga terdiri dari eks politikus PAN (Partai Amanat Nasional), beberapa di antaranya yaitu Chandra Tirta Wijaya, Agung Mozin dan sejumlah mantan kader PAN lainnya.

Politikus senior Amien Rais merilis logo partai barunya, Partai Ummat. Logo tersebut diambil dari perisai tauhid dengan corak hitam dipadu kuning keemasan. (Ist)
Politikus senior Amien Rais merilis logo partai barunya, Partai Ummat. Logo tersebut diambil dari perisai tauhid dengan corak hitam dipadu kuning keemasan. (Ist)

2. Susunan Pengurus Partai Ummat

Mengenai susunan pengurus Partai Ummat, diketahui Amien Rais menduduki posisi sebagai Ketua Majelis Syuro, Ustad Sambo menduduki posisi Sekretaris Umum, Ridho Rahmadi menduduki posisi Ketua Umum, dan Agung Mozin menduduki posisi sebagai Wakil Ketua Partai.

3. Berbasis ormas Islam

Perekrutan para kader masih menerapkan basis ormas (organisasi masyarakat) Islam. Sebagai langkah awal, partai ini juga masih tetap berkonsentrasi untuk menyelesaikan pendaftaran partai ke Kemenhumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia).

Baca Juga: Baru Deklarasi, Partai Ummat Optimis Capai Dua Digit Suara Pemilu Mendatang

4. Target Ikut Pemilu 2024

Komentar