alexametrics

Profil Hanindhito Pramono, Bupati Kediri Putra Pramono Anung

Fitri Asta Pramesti
Profil Hanindhito Pramono, Bupati Kediri Putra Pramono Anung
Profil Hanindhito Pramono. (Instagram/dhitopramono)

Berikut penjelasan mengenai profil Hanindhito Pramono

Suara.com - Hanindhito Himawan Pramana merupakan Bupati Kediri terpilih yang menjabat sejak Februari 2021 lalu. Ia adalah putra kandung dari Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung. Penasaran dengan sosoknya? Simak profil Hanindhito Pramono berikut ini.

Profil Hanindhito Pramono

Hanindhito Pramono atau yang akrab disapa Mas Dhito, merupakan putra sulung Pramono Anung dan Endang Nugrahani yang lahir pada 31 Juli 1992 di Yogyakarta.

Dhito memiliki seorang saudara perempuan bernama Hanifa Fadhila Pramono. Ia sukses menjabat sebagai Bupati Kediri saat usianya baru menginjak 28 tahun.

Baca Juga: Profil Daniel Mardhany, Vokalis Deadsquad yang Ditangkap karena Narkoba

Ternyata Hanindhito bukanlah sosok baru di dunia politik. Ia menyebut dirinya pernah maju menjadi calon legislatif pada Pemilu 2009. Namun klaimnya tersebut diragukan. Sebab, batas persyaratan menjadi anggota legislatife adalah berumur 21 tahun. Sementara saat itu beliau masih berusia 17 tahun.

Mas Dhito juga pernah menjadi anggota Tim Hukum Ahok-Djarot dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 dan kini menjabat sebagai Wakil Bendahara DPC PDIP Kabupaten Kediri periode 2020-2024. Ia mengikuti jejak sang ayah dalam dunia politik dan pemerintahan. 

Riwayat Pendidikan Hanindhito Pramono

  • SD Islam Al Azhar 6 Jakapermai (1998-2004)
  • SMP Labschool Kebayoran (2004-2007)
  • SMA Negeri 82 Jakarta (2007-2010)
  • Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (2010-2017)

Perjalanan Menjadi Bupati Kediri

Dalam Pilkada Serentak 2020, Hanindhito Pramono dan Dewi Mariya Ulfa sah sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Dewi Mariya Ulfa merupakan Ketua Fatayat NU Kabupaten Kediri. Dalam Pilkada serentak yang diselenggarakan pada 9 Desember 2020 lalu, pasangan Hanindhito-Mariya Ulfa berhasil mengalahkan kotak kosong.

Baca Juga: Profil Nisya Ahmad, Adik Raffi Ahmad yang Baru Pindah dari Istana Andara

Dhito yang diusung koalisi PDIP, PKB, Nasdem, Gerindra, PAN, PKS, Golkar, Demokrat, dan PPP sukses meraup 590.644 dari total 771.799 suara. Kotak kosong sebagai lawannya, memperoleh 181.155 suara dan sebanyak 32.058 suara tidak sah.

Meski tergolong milenial, suami dari Eriani Annisa tersebut memiliki jumlah kekayaan yang fantastis. Hal ini diketahui berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebagai syarat pencalonan sebagai bupati. Total kekayaan Mas Dhito per 21 Agustus 2020 mencapai Rp18 miliar yang terdiri dari Tanah dan bangunan, dan harta bergerak lainnya.

Itulah penjelasan mengenai profil Hanindhito Pramono, Bupati Kediri muda yang merupakan putra dari Pramono Anung. 

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar