alexametrics

Doa Lailatul Qadar di 10 Malam Terakhir Ramadhan

Rifan Aditya
Doa Lailatul Qadar di 10 Malam Terakhir Ramadhan
Doa Lailatul Qadar di 10 Malam Terakhir Ramadhan - Ilustrasi berdoa (Unsplash)

Lailatul Qadar, yakni malam yang penuh berkah dan kemuliaan. Ada pula untaian doa Lailatul Qadar yang harus diamalkan.

Suara.com - Lailatul Qadar, yakni malam yang penuh berkah dan kemuliaan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Ada pula untaian doa Lailatul Qadar yang harus diamalkan. Turunnya malam Lailatul Qadar seperti yang dijelaskan dalam Surah Al Alaq ayat 1-5 yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Doa Lailatul Qadar

Salah satu amalan yang dikerjakan dalam malam penuh pengampunan dan rahmat ini adalah banyak berdoa. DIriwayatkan dari Aisyah, beliau bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang bacaan doa Lailatul Qadar seperti apa yang hendaknya dibaca.

Baca Juga: Sholat Lailatul Qadar: Bacaan Niat, Tata Cara, dan Doa Malam Lailatul Qodar

Nabi Muhammad menjawab bacaan doa malam Lailatul Qadar:

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku."

Selain membaca doa di atas, umat muslim juga dianjurkan membaca doa-doa baik lainnya, seperti membaca surah Al Baqarah ayat 201:

Rabbana atina fiddunya hasanah, Wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar

Baca Juga: Prof Quraish Shihab: Lailatul Qadar Datang Pada Orang yang Damai

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar