alexametrics

Mendadak Laris, Ribuan Orang Minati Rumah DP 0 Rupiah Anies di Bulan April

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Mendadak Laris, Ribuan Orang Minati Rumah DP 0 Rupiah Anies di Bulan April
Rumah DP 0 rupiah Pondok Kepala. (Suara.com/Tyo)

"Tentunya proses penyaringan tersebut akan dilakukan sesuai dengan prinsip kehati-hatian," kata Herry.

Suara.com - Program rumah DP 0 rupiah yang dicanangkan Gubernur Anies Baswedan saat kampanye Pilkada 2017 lalu kini mendadak laris. Bahkan peminatnya mencapai ribuan orang dalam waktu satu bulan.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini mengatakan pihaknya selaku bank pelaksana program ini mengatakan, pada April 2021 lalu, Bank DKI telah memproses lebih dari 1.500 permohonan kredit rumah DP 0 rupiah.

"730 di antaranya telah melakukan penandatanganan akad," ujar Herry dalam keterangan tertulis, Senin (31/5/2021).

Dari 730 akad pembelian yang disalurkan, pihaknya telah merealisasikan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah sebesar Rp198,8 Miliar.

Baca Juga: Anies Bakal Permanenkan Jalur Sepeda di Jalan Layang Non Tol

Pembelian rumah susun ini dilakukan di disejumlah hunian yang terdaftar oleh Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera (UFPRS). Di antaranya ada di Samesta Sentraland Cengkareng, Jakarta Barat, Menara Samawa Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang dikembangkan oleh KSO Sarana-Totalindo/Perumda Pembangunan Sarana Jaya dan Rusunami Bandar Kemayoran, Jakarta Utara yang juga dikembangkan oleh Perumnas.

Lebih lanjut Herry menyampaikan, masih terus memproses pengajuan kredit yang dilakukan calon penerima manfaat program hunian DP 0 Rupiah.

"Tentunya proses penyaringan tersebut akan dilakukan sesuai dengan prinsip kehati-hatian," kata Herry.

Program DP 0 Rupiah merupakan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dikelola oleh Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera (UFPRS) di bawah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta.  Program yang dikenal dengan Samawa ini memberikan Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah untuk memiliki unit rumah sudah jadi dan siap huni di DKI Jakarta.

Kriteria calon penerima manfaat wajib memenuhi persyaratan antara lain seperti warga DKI Jakarta yang dibuktikan dengan e-KTP, belum memiliki rumah sendiri, tidak sedang menerima bantuan/subsidi perumahan Pemerintah Pusat/Daerah, tidak memiliki pinjaman bermasalah pada pihak ketiga/Bank atau lembaga non keuangan dan memiliki NPWP.

Baca Juga: Usulkan Duet Puan-Anies, Effendi Simbolon: Rekonsiliasi Nasionalis dan Religius

Adanya program hunian DP 0 Rupiah ini sendiri memberikan harapan bagi masyarakat untuk dapat memiliki hunian di tengah kekhawatiran harga properti yang terus meningkat tiap tahunnya, dengan tersedianya kemudahan pembiayaan yang ringan, masyarakat memiliki kesempatan untuk memiliki hunian tersebut termasuk generasi milenial atau keluarga baru.

Komentar