alexametrics

Hiii... Kota Ini Gelar Sayembara Berburu Ular Piton, Hadiahnya Puluhan Juta Rupiah!

Bangun Santoso
Hiii... Kota Ini Gelar Sayembara Berburu Ular Piton, Hadiahnya Puluhan Juta Rupiah!
Ilustrasi ular piton atau yang lebih dikenal dengan sebutan ular sanca di masyarakat Indonesia. [Shutterstock]

Bagi peserta yang bisa mendapatkan ular sanca paling banyak bakal mendapatkan Rp 35 juta lebih

Suara.com - Para pemburu ular sanca profesional maupun amatir berpeluang meraih hadiah apabila bisa menangkap sanca bodo (Burmese phyton), yang merusak spesies asli di negara bagian itu.

Gubernur Florida Ron DeSantis mengumumkan sayembara tahunan itu pada Kamis (3/6).

Kontes itu akan berlangsung pada 9-18 Juli dan akan memberikan hadiah untuk kategori profesional dan amatir. Dalam kedua kategori itu, akan ada hadiah $2.500 (sekitar Rp 35 juta) untuk sanca bodo terbanyak dan $1.500 (sekitar Rp 21 juta) untuk sanca bodo terpanjang.

Ular-ular anca itu, yang panjangnya bisa mencapai 6 meter lebih dan beratnya mencapai 90 kilogram, merupakan keturunan dari ular-ular peliharaan yang dilepasliarkan mulai lima dekade lalu. Sanca bodo yang besar-besar itu mendominasi di Taman Nasional Everglades dan memangsa populasi mamalia dan burung asli wilayah itu.

Baca Juga: Seorang Pria Boncengkan Ular Piton 200 Kg Pakai Motor, Aksinya Langsung Viral

Sanca bodo betina mengeluarkan antara 60 dan 100 telur per tahun. Setelah dewasa, yang memakan waktu sekitar lima tahun, tidak ada lagi predator bagi ular itu di Florida, selain manusia bersenjata. Sanca juga terkadang terlibat dalam pertarungan sengit dengan buaya dewasa. (Sumber: VOA Indonesia)

Komentar