alexametrics

Tak Menutup Gerai McD Saat Ramai BTS Meal, Begini Alasan Satpol PP Jaksel

Chandra Iswinarno
Tak Menutup Gerai McD Saat Ramai BTS Meal, Begini Alasan Satpol PP Jaksel
Gerai Mcdonalds Stasiun Gambir resmi disegel akibat kerumunan BTS Meals pada Rabu (9/6/2021). (Suara.com/Bagaskara)

Sejumlah gerai restoran cepat saji asal Amerika Serikat, McDonald's (McD) ditutup sementara oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jaksel.

Suara.com - Sejumlah gerai restoran cepat saji asal Amerika Serikat, McDonald's (McD) ditutup sementara oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) karena dianggap melanggar protokol kesehatan saat peluncuran menu BTS Meal.

Namun hal tersebut tidak terjadi untuk gerai waralaba McD di Jakarta Selatan.

Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Hermawan mengatakan pihaknya memang tidak memberikan sanksi penutupan pada gerai McD yang didapati ada kerumunan.

"Jadi teguran tertulis semua itu, karena memang pelanggarannya kan setelah kita bubarkan, penertiban. Ya memang karena permintaan online-nya banyak dan juga sudah bisa dibubarkan," ujarnya saat dikonfirmasi Suara.com, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Polda Metro Jaya ke McDonalds: Aplikasi BTS Meal Dihilangkan Dulu

Selain itu, pelanggaran yang dilakukan oleh setidaknya sembilan gerai itu disebutnya baru pelanggaran pertama. Sesuai peraturan gubernur (Pergub), maka sanksi yang dijatuhkan pertama adalah teguran tertulis.

"Karena ini pelanggaran pertama, saya makainya seusai Pergub itu pelanggaran pertama kan teguran tertulis. Tapi tetap ditempel teguran tertulisnya di lokasi tempat usahanya," katanya.

Selain itu, dia juga sudah meminta jajarannya untuk melakukan pengawasan selama gerai McD itu beroperasi. Nantinya, jika kedapatan ada lagi pelanggaran protokol kesehatan, pihaknya baru akan melakukan penutupan sementara.

"Kita sudah wanti-wanti akan kita tutup sesuai Pergub, kesalahan kedua kalinya dia ditutup 1x24 jam," pungkasnya.

Dari laporan Satpol PP tiap wilayah kota administrasi, terhitung ada 34 restoran McD yang diawasi. Para petugas langsung diterjunkan begitu kerumunan di berbagai gerai bermunculan.

Baca Juga: Buntut Kerumunan BTS Meal, Satpol PP Tutup McDonalds Pekanbaru 3 Hari

Hasilnya, selain 20 tempat ditutup sementara, ada 12 lokasi yang diberikan teguran tertulis. Mereka masih boleh beroperasi dengan catatan tidak melanggar protokol kesehatan.

Komentar