facebook

Fakta-fakta Kebakaran Kilang Cilacap Jawa Tengah

Rifan Aditya
Fakta-fakta Kebakaran Kilang Cilacap Jawa Tengah
Fakta-fakta kebakaran kilang Cilacap - Tangkapan layar milik warga terkait kebakaran yang menimpa tangki di area kilang minyak RU IV Cilacap, Jumat (11/6/2021). [ISTIMEWA]

Berikut ini adalah fakta-fakta kebakaran kilang Cilacap yang terjadi pada Jumat malam (11/6/2021).

Suara.com - Salah satu tangki kilang di area milik PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV, Cilacap, Jawa Tengah, terbakar pada Jumat malam (11/6/2021). Setelah satu jam penanganan, akhirnya perusahaan pelat merah itu bisa memadamkan kebakaran di tangki kilang tersebut. Berikut ini adalah fakta-fakta kebakaran kilang Cilacap yang perlu diketahui:

1. Beredar Video Pendek

Telah beredar sejumlah video pendek yang menunjukkan kobaran api di kawasan kilang Cilacap di berbagai media sosial. Salah satunya adalah di Twitter pada Jumat malam (11/6/2021). Informasi awal menyebutkan bahwa kebakaran terjadi di area Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah. 

2. Konfirmasi Pihak Pertamina

Baca Juga: Kebakaran Tangki Pertamina Cilacap Berhasil Dikendalikan, Pasokan BBM dan LPG Aman

PT Pertamina (Persero) kemudian mengkonfirmasi terjadinya kebakaran di salah satu tangki berisi benzene di kilang Cilacap Jawa Tengah. Hingga pukul 21.15 WIB, tim dari perusahaan pelat merah itu telah berhasil mengendalikan kebakaran yang terjadi setelah melakukan upaya yang maksimal.

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga telah membenarkan kabar bahwa kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah terbakar pada Jumat petang (11/6/2021). Ahok mengatakan bahwa direksi sedang menyiapkan laporan kebakaran tersebut.

3. Upaya Pendinginan

Sementara itu, Manajer Communications, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan bahwa pihaknya terus dilakukan upaya pemadaman sisa api di area bundwall. Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api, dan sejumlah 50 petugas pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran tersebut. 

4. Penyebab Kebakaran Kilang Cilacap

Baca Juga: Penyebab Kebakaran Kilang Minyak Pertamina RU IV Cilacap, Diduga Karena Disambar Petir

Pihak Pertamina belum bisa menyebutkan apa penyebab kebakaran tersebut. Meski begitu, sejumlah warganet melaporkan pada saat terjadi kebakaran, sedang ada petir di lokasi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar