alexametrics

9 PTN Pakai Nilai UTBK untuk Jalur Mandiri: IPB, ITB, hingga Unpad

Rifan Aditya
9 PTN Pakai Nilai UTBK untuk Jalur Mandiri: IPB, ITB, hingga Unpad
PTN yang pakai nilai UTBK untuk jalur mandiri - Ilustrasi UTBK - Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (Suara.com/Sri Handayani)

Berikut ini daftar perguruan tinggi negeri yang menggunakan nilai UTBK untuk jalur mandiri.

Suara.com - Beberapa PTN membuka kesempatan bagi yang tak lolos SBMPTN 2021. Anda dapat memakai nilai UTBK untuk jalur mandiri di beberapa universitas berikut. Sehingga, Anda tidak perlu mengikuti tes kembali di jalur mandiri.

Seleksi mandiri PTN sendiri merupakan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri, sehingga waktu pengadaannya pun tidak harus serentak.

Kuota maksimal untuk jalur mandiri yaitu 30% dari daya tampung mahasiswa baru tiap universitas. Namun, bagi beberapa PTN berbadan hukum diperkenankan membuka jalur mandiri hingga 50%. Berikut daftar PTN yang pakai nilai UTBK untuk jalur mandiri.

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Baca Juga: Persaingan Ketat Masuk Unsoed, Ini 10 Prodi Paling Diminati

Seleksi Mandiri Institut Pertanian Bogor dapat diikuti dengan menggunakan nilai UTBK atau Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK IPB). Kedua car aitu dapat dipilih salah satunya.

Jadwal pelaksanaan dan biaya pendaftaran UTM-BK IPB dapat dilihat melalui admisi.ipb.ac.id .

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Tahun ini, ITB menawarkan seleksi mandiri yang berbeda, Jika di tahun 2019 dan 2020, pendaftar bisa memilih Fakultas/Sekolah di ITB, maka tahun ini peserta seleksi mandiri ITB bisa memilih langsung jurusan yang dituju dengan maksimal 2 jurusan.

Komponen penilaian SM-ITB menggunakan nilai UTBK, nilai rapor semester 1-6 serta ujian lain yang telah ditetapkan ITB. Khusus untuk pendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) nantinya akan terdapat tes tambahan sebagai kriteria penilaian. Jadwal pelaksanaan dan biaya pendaftaran SM-ITB dapat dilihat melalui admission.itb.ac.id .

Baca Juga: Sekelas UI Trending, Poster Penyambutan Mahasiswa Baru Jadi Sorotan

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Komentar