alexametrics

Cara Download Sertifikat UTBK SBMPTN 2021, Mudah!

Rifan Aditya
Cara Download Sertifikat UTBK SBMPTN 2021, Mudah!
Cara download sertifikat UTBK SBMPTN 2021 - Suasana UTBK SBMPTN di UPNV Yogyakarta, Senin (12/04/2021). [Kontributor / Putu Ayu Palupi]

Berikut cara download sertifikat UTBK SBMPTN 2021.

Suara.com - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 telah berlangsung. Hasil nilai UTBK SBMPTN 2021 telah diumumkan secara online sejak Senin (14/6/2021) pukul 15.00 WIB. Lalu bagaimana cara download sertifikat UTBK SBMPTN 2021?

Untuk diketahui, para calon mahasiswa yang mendaftar dapat mengecek hasilnya melalui laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan link sebagai berikut pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Setelah memasukan nomor pendaftaran dan tanggal lahir, peserta UTBK SBMPTN 2021 dapat melihat hasilnya. Diterima di perguruan tinggi atau tidak. 

Peserta juga bisa mengunduh sertifikat hasil UTBK. Sertifikat tersebut mulai diunduh pada Selasa (15/6/2021) pada pukul 15.00 WIB.  Sertifikat hasil UTBK berupa file pdf yang tercantum kode QR. Di dalamnya tertera data diri peserta dari nama hingga informasi skor yang diperoleh.

Cara Download Sertifikat UTBK SBMPTN 2021

Baca Juga: Jalur Mandiri UNY 2021: Jadwal, Cara Daftar, Syarat, Biaya

Berikut cara download sertifikat UTBK SBMPTN 2021: 

  1. Kunjungi  link berikut pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.
  2. Masukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.
  3. Unduh sertifikat, peserta juga diberi pilihan untuk mencetaknya.

Bagi peserta yang tidak lolos SBMPTN, sertifikat tersebut bisa digunakan untuk mendaftar perguruan tinggi lewat jalur mandiri. Peserta kerap menjumpai sejumlah masalah untuk mendapatkan sertifikat SBMPTN bahkan ada yang sertifikat tidak diberikan. 

Hal tersebut dikarenakan pelanggaran yang dilakukan peserta saat hari tes UTBK-SBMPTN 2021. Misalnya tidak membawa identitas diri dan melanggar tata tertib, seperti membawa handphone, memfoto layar, hingga kerja sama dengan pihak lain.

Selain itu ada juga masalah sepele yang membuat sertifikat bermasalah. Antara lain karena ada masalah dengan foto misalnya karena foto yang bermasalah, foto membelakangi kamera, atau wajah yang tidak jelas.

Yang tidak kalah penting, sering pula terjadi eror saat mengunjungi laman LTMPT. Hal tersebut dikarenakan traffic website yang sedang tinggi pada awal pengumuman tanggal tersebut. 

Baca Juga: 9 PTN Pakai Nilai UTBK untuk Jalur Mandiri: IPB, ITB, hingga Unpad

Disarankan untuk mencoba mengunduh saat traffic sedang lengang, misalnya keesokan harinya. Cek juga kecepatan koneksi internet yang dimiliki. Koneksi internet sedikit banyak berpengaruh dalam proses login laman LTMPT serta proses download sertifikat.

Komentar