alexametrics

Kasus Covid-19 Mengkhawatirkan, Wakil Ketua DPR: Nonton Piala Eropa di Rumah Saja!

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Kasus Covid-19 Mengkhawatirkan, Wakil Ketua DPR: Nonton Piala Eropa di Rumah Saja!
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Youtube DPR RI)

Saya mengingatkan kepada seluruh kalangan agar tidak tertular efouria Piala Eropa dengan cara melakukan nobar, ujar Dasco.

Suara.com - Turnamen sepakbola Piala Eropa 2021 masih bergulir dan segera memasuki fase 16 besar. Biasanya, masyarakat Indonesia ikut antusias dengan menggelar nonton bareng atau nobar untuk mendukung tim sepakbola masing-masing.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad turut mengingatkan kepada masyarakat agar tidak menggelar nobar yang menimbulkan kerumunan. Ia menyarankan masyarakat untuk menyaksikan pertandingan di rumah masing-masing.

Hal itu dipintanya karena mengingat saat ini kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak pesat. Setidaknya kasus bertambah 20.574 per Kamis (24/6/2021), sehingga jumlah kasus positif Covid-19 mencetak rekor menjadi 2.053.995.

"Saya mengingatkan kepada seluruh kalangan agar tidak tertular efouria Piala Eropa dengan cara melakukan nobar. Cukup nonton di rumah masing-masing saja. Ingat, grafik Covid-19 sedang sangat meningkat," kata Dasco kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Baca Juga: Dukung PPKM Mikro, Wakil Ketua DPR: Aparat Jangan Toleransi Pelanggaran

Pesan itu disampaikan Dasco karena tidak ingin ada klaster penyebaran Covid-19 baru dari perhelatan Piala Eropa 2021. Apalagi tradisinya masyarakat yang menggemari sepakbola kerap menggelar nobar di tempat-tempat umum.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Dasco meminta aparat serta birokrat di wilayahnya masing-masing untuk segera mengantisipasi apabila ada yang menggelar nobar Piala Eropa. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk memiliki kesadaran bersama dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Karena di satu sisi ia menyadari kalau nobar sepakbola adalah kegiatan positif dalam menjaga nilai-nilai sosial dan bermasyarakat. Tetapi untuk saat ini masyarakat harus sadar bahwa tempat isolasi dan rumah sakit sudah penuh dan kewalahan dalam menangani pasien yang terjangkit Covid-19.

"Jangan sampai gara-gara nobar perempat final, jadi tidak bisa nonton pertandingan final karena harus diisolasi karena terjangkit Covid 19. Jadi, tolong nonton Piala Eropa-nya di rumah saja."

Baca Juga: 9 Fakta-Fakta Ceko vs Inggris dan Hasil Pertandingan Euro 2021