alexametrics

Kim Jong Un Diduga Liburan di Kapal Pesiar saat Korea Utara Krisis Pangan

Rendy Adrikni Sadikin | Rima Suliastini
Kim Jong Un Diduga Liburan di Kapal Pesiar saat Korea Utara Krisis Pangan
Kim Jong Un tampil bersama istri di depan umum untuk pertama kalinya [Foto: Antara]

Kapal dengan waterslide itu menunjukkan aktivitas kembali setelah dua tahun.

Suara.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dilaporkan tengah menikmati fasilitas mewah di kapal pesiar bersama keluarganya saat krisis pangan menghantam seluruh negeri.

Menyadur NK News, Kamis (15/07), kapal pesiar mewah itu memiliki taman hiburan dengan waterslide, kolam renang raksasa dan lounge bertingkat.

Menurut citra Planet Labs, kapal itu berlabuh pada hari Senin di pantai pribadi rumahnya di Wonsan  untuk pertama kali sejak 2019.

Sebelum tengah hari pada 12 Juli, waterslide boat sepanjang 80 meter (260 kaki) milik Kim terlihat berlabuh di kompleks mansion utamanya di Wonsan.

Baca Juga: Teka-Teki Terjawab! Mata-mata Korsel Sebut Kim Jong Un Belum Divaksin

Kemungkinan pemimpin DPRK sendiri hadir dalam kegiatan tersebut, sehari setelah ia dikabarkan berada di Pyongyang untuk bertemu dengan band favoritnya.

Namun, bisa juga anak-anaknya, anggota keluarga dekat atau rekan tepercaya yang menggunakan perahu dan rumah besar, seperti yang pernah terjadi ktika menjamu tamu sebelumnya.

Minggu lalu, di istananya di Semenanjung Hodo sekitar 17 km dari kompleks utama Wonsan, sebuah perahu kecil sekitar 30 meter berlabuh di pantai pribadi pada 6 dan 7 Juli.

Perahu lain dilaporkan melaju bolak-balik di dekat pantai pada pagi hari tanggal 6 Juli. Aktivitas di kapal Kim juga terdeteksi pada tahun 2020 selama Kim menghindari penampilan publik.

Sepertinya ia menginap di kompleks mansion utamanya di Wonsan, tapi perahu seluncuran maupun mansion barunya di Hodo tampak tak digunakan.

Baca Juga: Kim Jong Un Dikabarkan Pingsan Hingga Kudeta, Ini Hasil Pengamatan Korsel