alexametrics

Sejumlah 53 Persen Pasien Covid di RSDC Wisma Atlet Tidak Tahu Tertular dari Mana

Chandra Iswinarno | Bagaskara Isdiansyah
Sejumlah 53 Persen Pasien Covid di RSDC Wisma Atlet Tidak Tahu Tertular dari Mana
Suasana di Tower 8 Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Pademangan, Jakarta, Selasa (15/6/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Sebanyak 53 persen pasien RSDC Wisma Atlet Kemayoran tidak mengetahui dirinya bisa terpapar dari mana.

Suara.com - Koordinator Humas Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Kolonel dr Mintoro Sumego menyampaikan, sebanyak 53 persen pasien di tempat tersebut, tak mengetahui dirinya bisa terpapar dari mana.

Mintoro mengatakan, bahwa saat ini ada 6.254 pasien yang jalani perawatan di Wisma Atlet dengan persentase 80 persen. 

"Jadi berdasarkan data surveilence yang ada di Wisma Atlet dan mereka-mereka yang masuk ke Wisma Atlet lalu kita lakukan tracer itu kebanyakan atau sekitar 53 persen itu dia tidak mengetahui kontak eratnya sama siapa. Tiba-tiba saya positif. Nah itu, 53 persen," kata Mintoro dalam talkshow daring, Kamis (15/7/2021). 

Hanya 31 persen yang mengaku tahu pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Sementara, menurut Mintoro 11 persen lainnya mengaku pernah terpapar di tempat kerja. 

Baca Juga: Terisi 80 Persen hingga Hari Ini, RSD Wisma Atlet Disebut Masih Melebihi Kapasitas

"Kira-kira kita pembagian mya seperti  itu jadi yang lebih banyak yang tidak tahu terpapar dari mana," tuturnya. 

Mintoro menyampaikan, data tersebut jauh berbeda dengan data pada gelombang pertama. Menurutnya, data kali ini lebih besar pasien yang tahu terpapar dimana dan kapan. 

Lebih lanjut, Mintoro mengatakan, adanya data tersebut menunjukkan adanya pergeseran tingkat keterpaparan Covid-19. 

"Pergeseran nya lebih banyak dengan adanya penambahan ini. Jadi luar biasa penambahan ini yang Wisma Atlet biasanya sekitar 5 ribu sudah karena waktu itu kapasitas kita 5 ribu hampir 6 ribu sekarang kita tambah lagi sekitar 7 ribu sekarang sudah 6 tingkat huniannya itu sudah banyak dan mereka kebanyakan memang seperti itu terpapar dari mana," katanya.

Baca Juga: Bertambah Ratusan Orang, RSD Wisma Atlet Hari Ini Penuh 79 Persen

Komentar