alexametrics

PKL, Warteg, Hingga Petani Desak Jokowi Pimpin Langsung Penanganan Covid-19

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
PKL, Warteg, Hingga Petani Desak Jokowi Pimpin Langsung Penanganan Covid-19
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Biro Pers Sekretariat Presiden)

"Melakukan perombakan total tim penanganan pandemi Covid-19..."

Suara.com - Forum Organisasi Usaha Rakyat Kecil UMKM dan Informal Nusantara atau Forum Urkantara mendesak Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk turun tangan langsung memimpin penanganan pandemi Covid-19.

Suara itu disampaikan Forum Ukantara dalam surat terbuka yang menggambarkan kondisi mereka yang terancam karena terdampak pandemi Covid-19.

Forum Ukantara ini terdiri dari pada pedagang kaki lima, komunitas warung tegal atau warteg, pedagang pasar, petani cabai dan bawang merah, peternak lele, pedagang ketoprak Brebes, seniman, hingga pegiat UMKM.

"Kami sangat mengharap kepada Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo dalam tempo secepat-cepatnya berkenan untuk mengambil tongkat komando dan tongkat kendali sebagai panglima tertinggi penanganan pandemi Covid-19," kata Ketua Umum Komunitas Warung Tegal Nusantara, Mukroni kepada Suara.com, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Pasien Covid-19 Anak Punya Komorbid, Risiko Meninggal Lebih Besar

Mereka juga meminta Jokowi untuk turun langsung melindungi keberlangsungan usaha kecil mereka yang sekaligus juga memulihkan ekonomi nasional, bukan dengan membentuk tim khusus untuk mengatasi pandemi.

"Melakukan perombakan total tim penanganan pandemi Covid-19 baik yang terkait dengan perlindungan jiwa dan kesehatan rakyat dan bangsa Indonesia, pemulihan usaha rakyat kecil UMKM dan sektor informal, dan pemulihan ekonomi nasional," tegasnya.

Forum ini juga meminta Jokowi untuk fokus mengalokasikan anggaran negara sepenuhnya untuk penanganan pandemi Covid-19, bukan untuk agenda lain.

Menurut catatan Forum Ukantara, lebih dari 60 persen UMKM dan sektor informal ini gulung tikar karena daya beli masyarakat semakin menurun bahkan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari harus jual barang atau pinjam ke sana kemari.

Baca Juga: Dibuka Besok, Layanan Gratis Kremasi Jenazah Covid di TPU Tegal Alur untuk Semua Agama

Komentar