alexametrics

Viral Kisah Gus Dur Minta Uang ke Anak 6 Bulan Sebelum Wafat

Rendy Adrikni Sadikin
Viral Kisah Gus Dur Minta Uang ke Anak 6 Bulan Sebelum Wafat
Almarhum Presiden Republik Indonesia ke-4, KH. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur. [Twitter@tsamaraDKI]

Diceritakan Alissa Wahid, Gus Dur ketika itu meminta uang ke anaknya karena tidak memiliki duit sama sekali.

Suara.com - Alissa Wahid, putri Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, menceritakan ayahnya yang meminta uang ke anak, meski kerap diberikan amplop berisi duit oleh banyak orang.

Cerita itu dilontarkan oleh Alissa Wahid melalui akun jejaring sosial Twitter miliknya, @AlissaWahid, menjawab pertanyaan komika Arie Kriting terkait hidup pejabat yang tidak melakukan korupsi.

"Kadang bertanya-tanya, kalau ada pejabat yang nggak korupsi sama sekali, itu hidupnya kayak gimana ya?" tanya Arie Kriting melalui akun Twitter miliknya, @Arie_Kriting.

Pertanyaan tersebut pun dijawab Alissa Wahid. Dia mengisahkan kehidupan Gus Dur 6 bulan menjelang wafat. Saat itu, Gus Dur meminta uang ke anaknya karena tidak memiliki duit sama sekali.

Baca Juga: Innalillahi! Pak Kirno, Ajudan Penuntun Gus Dur Saat Dilengserkan Meninggal Dunia

"Kaya bapakku. Enam bulan menjelang wafat, (Gus Dur) minta uang kepada anaknya karena tidak punya uang sama sekali," kicau putri sulung kiai terpandang NU tersebut.

Padahal, saat itu, masih banyak orang yang memberikan amplop berisi uang kepada Gus Dur. Namun, Gus Dur mengatakan amplop itu hanya titipan rakyat yang diserahkan kembali ke masyarakat, bukan diambil untuk sendiri.

"...masih banyak yang memberi beliau amplop sih, tapi kata beliau itu titipan untuk rakyat. Jadi ya diserahkan balik ke rakyat. Bukan diambil beliau."

Alissa pun berkisah di awal juni 2019, Gus Dur meminta uang ke dirinya senilai Rp 5 juta untuk pegangan. Alasannya, Gus Dur tidak memiliki pegangan uang sama sekali.

"Awal Juni 2009, (Gus Dur) minta uang ke saya Rp 5 juta, hanya untuk pegangan karena Bapak tidak punya uang sama sekali (emoji sedih)," tulis Alissa Wahid.

Baca Juga: Megawati Pernah Menangis Sesenggukan, Harap Gus Dur Minta Maaf

Lalu, pada Agustus di tahun yang sama, Alissa sempat ke kantor Gus Dur. Dia menemukan banyak amplop di laci Gus Dur. Ketika ditanya, Gus Dur menjawab itu bukan uang dia, itu uang rakyat.

Komentar