alexametrics

20 Kutipan Pahlawan untuk Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI

Rifan Aditya
20 Kutipan Pahlawan untuk Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI
20 Kutipan Pahlawan untuk Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI - Bung Tomo

Berikut ini beberapa kutipan pahlawan untuk ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI.

Suara.com - Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan untuk HUT ke-76 RI tidak hanya berupa kalimat menarik, pantun atau puisi. Justru yang paling mengena berasal dari kutipan pahlawan nasional. 

Menariknya, tak sedikit ternyata ucapan tokoh besar negara Indonesia yang cocok dan banyak dikutip. Beberapa kutipan pahlawan berikut ini dapat dipakai untuk ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI.

Kutipan Pahlawan untuk Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan HUT ke-76 RI

Tanpa banyak pengantar lagi, mari simak beberapa kutipan pahlawan nasional Indonesia untuk merayakan HUT RI ke-76.

Baca Juga: Teks Palsu di Buku 'Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat' Terungkap, Ada Rekayasa Sejarah

  1. Tanpa ekonomi yang merdeka, tak mungkin kita mencapai kemerdekaan, tak mungkin kita tetap hidup. - Ir. Soekarno.
  2. Di mana ada kemerdekaan di situlah harus ada disiplin yang kuat. Sungguh pun disiplin itu bersifat self discipline, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka. - Ki Hadjar Dewantara.
  3. Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. - Sutan Syahrir.
  4. Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka. - Bung Tomo.
  5. Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapapun juga - Jenderal Sudirman.
  6. Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri - Bung Karno.
  7. Selama orang percaya bahwa kemerdekaan akan tercapai dengan jalan putch atau anarchisme hanyalah impian seorang yang lagi demam - Tan Malaka.
  8. Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia - Ir Soekarno.
  9. Untuk mencapai cita-cita yang tinggi manusia (pahlawan) melepaskan nyawanya pada tiang gantungan, mati dalam pembuangan, tetapi senantiasa menyimpan dalam hatinya yang luka wajah tanah air yang duka. - Mohammad Hatta.
  10. Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang - Ir Soekarno.
  11. Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih. Akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi - Jenderal Sudirman.
  12. Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri. - Ir. Soekarno.
  13. Jagalah namamu, jangan sampai disebut pengkhianat bangsa - Jenderal Gatot Subroto.
  14. Revolusi Indonesia mau tak mau terpaksa mengambil tindakan ekonomi dan sosial serentak dengan tindakan merebut dan membela kemerdekaan 100%. Revolusi kemerdekaan Indonesia tidak bisa diselesaikan dengan dibungkus dengan Revolusi Nasional saja. Perang kemerdekaan Indonesia harus diisi dengan jaminan sosial dan ekonomi sekaligus - Tan Malaka.
  15. Aku adalah pejuang! Sebagai pejuang, tugasku adalah berjuang. Soal kalah atau menang, itu bukan urusanku, karena tugasku adalah berjuang! - Pangeran Diponegoro
  16. Lawan sastra ngesti mulya (Dengan ilmu kita menuju kemuliaan) - Ki Hadjar Dewantara.
  17. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri - RA Kartini.
  18. Pattimura-Pattimura tua boleh dihancurkan tetapi kelak Pattimura-Pattimura muda akan bangkit - Kapitan Pattimura.
  19. Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemudi kita tidak bisa, jika memang mau berjuang - Abdul Muis.
  20. Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan - Sutan Syahrir.

Dari dua puluh ucapan di atas, mana yang kira-kira akan Anda gunakan? Mari sambut Hari Kemerdekaan dengan penuh semangat dalam keterbatasan ini, dan kobarkan semangat nasionalisme!

Kirimkan kutipan pahlawan untuk ucapan selamat Hari kemerdekaan HUT ke-76 RI di atas kepada teman dan keluarga. Merdeka!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar