alexametrics

Cara Cetak Kartu Ujian CPNS 2021 Sebagai Syarat Seleksi Kompetensi Dasar

Rifan Aditya
Cara Cetak Kartu Ujian CPNS 2021 Sebagai Syarat Seleksi Kompetensi Dasar
Cara Cetak Kartu Ujian CPNS 2021 Sebagai Syarat Seleksi Kompetensi Dasar - ilustrasi ujian CPNS - Tes CPNS Kementerian BUMN. (Foto: Kementerian BUMN)

Salah satu dokumen terpenting yang harus dipersiapkan adalah kartu ujian CPNS 2021. Simak cara cetak kartu ujian CPNS 2021 berikut ini.

Suara.com - Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 yang lulus seleksi administrasi akan dijadwalkan mengikuti ujian seleksi kompetensi dasar (SKD). Salah satu dokumen terpenting yang harus dipersiapkan adalah kartu ujian CPNS 2021. Simak cara cetak kartu ujian CPNS 2021 berikut ini.

Cara cetak kartu ujian CPNS 2021 sebenarnya cukup mudah. Dikutip dari Buku Pendaftaran Seleksi CPNS 2021, peserta yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan selesai tahapan jawab sanggah oleh admin instansi, akan muncul tombol “Cetak Kartu Peserta Ujian” di halaman resume pendaftaran. 

Segera Unduh dan Cetak Kartu Ujian CPNS 2021

Kartu ujian sangat penting bagi peserta CPNS 2021 untuk dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang merupakan tahap lanjutan setelah seleksi administrasi CPNS 2021.

Baca Juga: SELAMAT! 10 Ribu CPNS Karawang Lolos Administrasi Seleksi CPNS 2021, Cek di Sini

Ujian SKD terdiri dari beberapa tes yang berbasis computer, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Kartu ujian ini penting sebagai dokumen yang mencantumkan identitas dasar pelamar, mulai dari nama, NIK, tempat tanggal lahir, dan jenis kelamin. Adapun detail lainnya yang tertera seperti instansi, nomor peserta, lokasi formasi, kualifikasi pendidikan yang dimiliki, dan formasi jabatan yang dilamar.

Cara Cetak Kartu Ujian CPNS 2021

Berikut ini cara yang harus dilakukan untuk unduh dan cetak kartu ujian CPNS 2021:

  1. Masuk ke laman https://sscasn.bkn.go.id dengan mencantumkan NIK dan password
  2. Klik pada tombol “Cetak Kartu Peserta Ujian”
  3. Sistem akan otomatis menampilkan Kartu Peserta Ujian Seleksi CASN 2021
  4. Download dan simpan dokumen kartu ujian pada lokasi penyimpanan yang dikehendaki
  5. Kartu ujian CPNS sudah dapat dicetak

Peserta ujian diharapkan membaca bagian “Perhatian” pada kartu ujian CPNS 2021 yang berisi informasi penting.  Kartu ujian CPNS 2021 juga mencantumkan jadwal dan lokasi ujian SKD CPNS 2021.

Baca Juga: Lengkap! Link Contoh Soal CPNS 2021 Khusus TWK, TIU, dan TKP

Namun sehubungan dengan kondisi Pandemi Covid-19, segala kebijakan bisa saja berubah. Oleh karena itu, setiap peserta diharapkan selalu memantau web instansi untuk pelaksanaan jadwal maupun lokasi ujian.

Komentar