alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Muammar Khadafi Sudah Prediksi Pandemi Covid-19?

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA: Benarkah Muammar Khadafi Sudah Prediksi Pandemi Covid-19?
CEK FAKTA: Muammar Khadafi Sudah Prediksi Pandemi Covid-19

Beredar narasi diktator Libya, Muammar Khadafi sudah memprediksi datangnya pandemi virus corona atau Covid-19. Benarkah?

Suara.com - Beredar narasi mantan pemimpin Libya, Muammar Khadafi sudah memprediksi datangnya pandemi virus corona atau Covid-19.

Narasi ini dibagikan dalam bentuk foto oleh akun Facebook Mustapha Bn Bukhar. Akun ini mengatakan diktator Libya itu sudah memprediksi Covid-19.

Dalam foto yang diunggah, akun ini mencantumkan sebuah kutipan. Kutipan tersebut diklaim merupakan kutipan Muammar Khadafi dalam memprediksi datangnya virus corona.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: Info Jadwal dan Lokasi Vaksinasi COVID-19 Dosis 1 di Malang, Cek Syarat dan Sasarannya

'mereka akan membuat virus dan juga membuat penangkalnya, berlagak seolah membutuhkan waktu untuk mencari jalan keluar padahal mereka sudah mempunyai solusinya' -Muammar Gaddafi

CEK FAKTA: Muammar Khadafi Sudah Prediksi Pandemi Covid-19
CEK FAKTA: Muammar Khadafi Sudah Prediksi Pandemi Covid-19

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi Muammar Khadafi sudah memprediksi datangnya pandemi virus corona atau Covid-19 tidak benar.

Kutipan tersebut memang diucapkan oleh Muammar Khadafi. Ia memberikan pernyataan tersebut dalam pidatonya saat sidang PBB tahun 2009.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Agam Bertambah 25 Orang

Namun, isi pidato tersebut sama sekali tidak membicarakan tentang pandemi Covid-19. Pidato tersebut membicarakan tentang flu babi atau H1N1 yang terdeteksi pada tahun tersebut.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar