alexametrics

Cara Agar BLT BPJS Ketenagakerjaan Nasabah BCA Cepat Cair

Dany Garjito
Cara Agar BLT BPJS Ketenagakerjaan Nasabah BCA Cepat Cair
Ilustrasi BLT, BST, PKH, BNPT, bantuan sosial, bansos. (Suara.com/Ema Rohimah)

Simak penjelasan berikut.

Suara.com - Informasi dalam artikel ini berisi informasi penting tentang cara agar BLT BPJS Ketenagakerjaan Nasabah BCA cepat cair. Bagi Anda yang menggunakan rekening BCA dan merasa 'digantung' harapannya untuk menikmati manfaat BLT BPJS Ketenagakerjaan diharapkan untuk segera mengikuti langkah-langkah yang diarahkan oleh pemerintah di bawah ini agar BLT BPJS Ketenagakerjaan Anda cepat cair. 

Hal utama yang harus dipastikan nasabah BCA adalah data Anda sebagai calon penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan sudah memenuhi persyaratan data calon penerima BSU. Sebab dana BSU yang sampai ke rekening pekerja adalah yang sudah memenuhi persyaratan kurang lebih satu minggu setelah data calon penerima BSU diterima dari BPJS Tenaga Kerja. Oleh karena itu, jika terdapat kekurangan data maka proses penyaluran akan menjadi lebih lama. 

Kemnaker telah memberikan instruksi cara agar BLT BPJS Ketenagakerjaan nasabah BCA Cepat cair adalah sebagai berikut:

  • Pastikan data-data yang dikirim ke BPJS Tenaga Kerja sudah tepat 
  • Kemnaker dan pihak BPJS Ketenagakerjaan akan menyampaikan data tersebut kepada Bank Himbara 
  • Bank Himbara dan panitia BSU akan menginformasikan kepada penerima subsidi upah untuk melakukan aktivasi rekening agar bisa dilakukan pencairan dana.  Di saat yang bersamaan dengan pengiriman informasi kepada penerima BSU, pihak Bank Himbara akan melakukan pembuatan rekening kolektif secara sentralisasi.

BLT Subsidi gaji

Baca Juga: Cara Mencairkan BLT UMKM Tanpa Antre, Cek di Sini

Sebagai tambahan informasi, kita ingat kembali fungsi dari BLT subsidi gaji yang merupakan program bantuan kepada para pekerja yang memiliki gaji di bawah 5 juta. Total bantuan yang diberikan dari pemerintah kepada masing-masing penerima bantuan sebesar Rp2,4 juta.

BLT Subsidi gaji saat ini sudah memasuki tahap 3 dan dalam proses pencairan. Para penerima yang berhak berarti telah memenuhi syarat-syarat berikut:

  • WNI yang masih aktif dibuktikan dengan NIK
  • Terdaftar sebagai peserta yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan
  • Memiliki upah paling besar Rp3,5 juta.

Penyaluran subsidi gaji akan berlangsung sampai lima tahap dan ditargetkan selesai secara keseluruhan pada Oktober 2021. Sementara itu, perlu diketahui juga bahwa dasar penyaluran BSU adalah Peraturan Menaker Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh Dalam Penanganan COVID-19.

Demikian informasi tentang cara agar BLT BPJS Ketenagakerjaan nasabah BCA cepat cair. 

INFOGRAFIS: Cara Daftar UMKM untuk BLT
INFOGRAFIS: Cara Daftar UMKM untuk BLT

Kontributor : Mutaya Saroh

Baca Juga: Cara dan Syarat Lengkap Ajukan KUR BNI Hingga Rp500 Juta, Ternyata Cukup Mudah

Komentar