alexametrics

6 Amalan untuk Melembutkan Hati yang Keras, Yuk Lakukan Agar Hidup Lebih Berkah!

Rifan Aditya
6 Amalan untuk Melembutkan Hati yang Keras, Yuk Lakukan Agar Hidup Lebih Berkah!
6 Amalan untuk Melembutkan Hati yang Keras, Yuk Lakukan Agar Hidup Lebih Berkah! - Ilustrasi marah. [Freepik]

Yuk simak 6 amalan untuk melembutkan hati yang keras, dirangkum Suara.com dari berbagai sumber berikut ini.

Suara.com - Ada beberapa amalan untuk melembutkan hati yang keras. Amalan untuk melembutkan hati harus dilakukan setiap hari agar hati tak sekeras batu.

Tak hanya itu, amalan untuk melembutkan hati yang keras ini juga bisa menjadikan hidup akan terasa lebih berkah. Hal ini sesuai dengan firman Allah yang terkandung dalam Al Quran Surat Ali Imron ayat 159.

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (QS. Ali Imron: 159).

Menjadi manusia yang berhati lembut dan rendah hati adalah perintah Allah SWT. Manusia harus lebih tawadhu dan tidak boleh sombong terhadap sesamanya. Dengan bersikap tawadhu, manusia akan menjadi lebih peduli terhadap sesamanya.

Baca Juga: 5 Amalan di Bulan Safar: Puasa Ayyamul Bidh hingga Membaca Al Quran

Oleh karenanya, yuk simak 6 amalan untuk melembutkan hati yang keras, dirangkum Suara.com dari berbagai sumber berikut ini.

1. Membaca Al Quran

Membaca Al Quran dapat melembutkan hati dan lebih mengingat Allah SWT. Pasalnya, dengan membaca Al Quran, hati akan bergetar dan akan mendapat petunjuk dari Allah.

"Segala puji bagi Allah yang menunjukkan kami ke (surga) ini. Kami tidak akan mendapat petunjuk sekiranya Allah tidak menunjukkan kami." (QS al-A'raf: 43).

Namun, bagi orang yang tak mau mengingat Allah akan masuk dalam kategori orang-orang yang sesat.

Baca Juga: 4 Amalan Agar Terhindar dari Santet dan Sihir: Membaca Ayat Kursi hingga Dzikir

"Maka celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata." (QS az-Zumar: 22)

2. Membaca Dzikir

Membaca zikir adalah salah satu upaya untuk mengingat Allah. Anjuran untuk banyak berzikir agar hati menjadi lembut tertuang dalam hadist At Tirmidzi yang diriwayatkan Ibnu Umar berikut ini.

"Jangan menikmati pembicaraan berlebihan kecuali ketika mengingat Allah. Pembicaraan berlebihan tanpa peringatan Allah mengeraskan hati, dan mereka yang paling jauh dari Allah adalah mereka yang hatinya keras. (At-Tirmidzi)

Anjuran berzikir juga terdapat dalam Al Quran Surat Al Ahzab ayat 41.

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al-Ahzab: 41).

Lafadz terpendek dari dzikir adalah bacaan tahmid (Al-hamdulillah), bacaan tahlil (Laa illaha illa Allah), bacaan tasbih (Subhanallah), dan bacaan takbir (Allahu Akbar).

3. Mengingat Kematian

Dengan mengingat kematian, seseorang akan menjadi lebih banyak melakukan amalan baik. Salah satu upaya mengingat kematian adalah melihat sakaratul maut. Dengan begitu, seseorang akan lebih banyak memohon ampunan kepada Allah.

4. Meminta Ampunan Kepada Allah

Meminta Ampunan kepada Allah lewat doa setelah salat mampu meluluhkan hati yang keras.

Selain minta ampunan, berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan jahat di masa depan.

5. Rajin Mengikuti Kajian

Cara untuk meluluhkan hati yang keras adalah dengan rajin mengikuti kajian atau majelis ilmu. Dengan mengikuti kajian, maka akan banyak ilmu yang diperoleh. Selain ilmu, juga akan memperoleh banyak teman baru, sehingga hati yang keras akan mudah luluh.

6. Banyak Berbuat Amal

Berbuat amal baik dapat dilakukan dengan berbagai hal. Salah satunya dengan menyantuni anak yatim. Menyantuni anak yatim akan membuat diri lebih bersyukur dan hati dengan sendirinya akan melembut. 

Itulah beberapa amalan untuk melembutkan hati yang keras,

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar