alexametrics

Syekh Ali Jaber Ungkap Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat

Dany Garjito
Syekh Ali Jaber Ungkap Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat
Syekh Ali Jaber Ungkap Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat. Ilustrasi salat, sholat, ibadah. [Shutterstock]

Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa ada satu jam di hari Jumat yang mana sesorang jika berdoa di satu jam tersebut, doanya tidak akan ditolak.

Suara.com - Hari Jumat menjadi hari yang istimewa dan memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Di hari Jumat juga menjadi waktu paling mustajab untuk berdoa. Hal itu sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang berbunyi sebagai berikut.

Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dia berkata; Abu Qasim shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda: "Pada hari Jumat terdapat waktu, yang tidaklah seorang hamba muslim shalat dan meminta kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkannya." Beliau memberi isyarat dengan tangannya. Kami berkata; 'Yaitu beliau menyempitkannya.'' (HR Bukhori dan Muslim)

Allah SWT memerintahkan seluruh hamba-Nya untuk mengerjakan ibadah hari Jumat seperti sholat Jumat dan memperbanyak berdoa. Amalan lain yang disunnahkan untuk dikerjakan adalah memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan membaca Surat Al-Kahfi.

Waktu terbaik berdoa di hari Jumat

Baca Juga: Tata Cara Salat Jumat Lengkap dengan Niat dan Artinya

Dalam siaran YouTube Taman Surga.Net, Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa ada satu jam di hari Jumat yang mana sesorang jika berdoa di satu jam tersebut, doanya tidak akan ditolak.

Namun masih ada beberapa pemahaman tentang hadist yang kuat untuk merujuk hal tersebut. Meski begitu Syekh Ali Jaber berpendapat bahwa dari hadist yang paling kuat ada satu jam yang terakhir pada sore hari di satu jam sebelum waktu maghrib.

Ilustrasi salat/berdoa saat Maulid Nabi. (Elements Envato)
Syekh Ali Jaber Ungkap Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat. Ilustrasi salat/berdoa saat Maulid Nabi. (Elements Envato)

"Kira-kira kalau kita hitung, kalau waktu maghrib jam 18.00, berarti mulai dari jam 17.00," kata Syekh Ali Jaber. Berdoa tidak harus dalam satu jam sebelum maghrib, bisa hanya beberapa menit namun masih dalam satu jam tersebut.

Dalam hadist yang diriwayatkan Imam Ahmad juga menjelaskan waktu doa yang mustajab di hari Jumat adalah setelah ashar, Rasulullah SAW bersabda: “Pada hari Jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah seteah Ashar.” (HR. Ahmad).

Dianjurkan untuk menyelesaikan dan meninggalkan segala aktivitas saat menjelang waktu maghrib tiba untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa dan perbuatan yang telah dilakukan sebelumnya.

Baca Juga: 3 Doa di Hari Jumat, Doa Pinta Keberkahan dan Kemudahan Rezeki

Demikian informasi singkat tentang waktu yang mustajab untuk berdoa hari Jumat yang dijabah oleh Allah SWT.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar