alexametrics

Terlibat Baku Tembak, TPNPB-OPM Klaim 4 Prajurit Setan TNI Tewas

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
Terlibat Baku Tembak, TPNPB-OPM Klaim 4 Prajurit Setan TNI Tewas
Terlibat Baku Tembak, TPNPB-OPM Klaim 4 Prajurit Setan TNI Tewas. Ilustrasi TPNPB-OPM. [Tabloid Jubi/Istimewa]

Dalam baku tembak itu, mereka mengklaim 4 anggota TNI tewas, 1 lainnya luka-luka serta 1 anggota pasukan TPNPB-OPM juga tewas.

Suara.com - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengklaim terlibat dalam kontak senjata dengan pasukan setan TNI dan aparat Polri Pos Koramil di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Senin (13/9/2021) lalu. Dalam baku tembak itu, mereka mengklaim 4 anggota TNI tewas, 1 lainnya luka-luka serta 1 anggota pasukan TPNPB-OPM juga tewas.

Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom mengungkapkan satu anggota TPNPB-OPM tersebut ialah Kolonel Elly M Bidana yang tertembak di medan perang dan meninggal di tempat.

Sementara dua anggota lainnya mengalami luka-luka.

"Almarhum dimakamkan di Markas Kiwi secara militer oleh Pasukan TPNPB-OPM Kodap Ngalum Kupel di bawah Pimpinan Brigadir Jenderal Lamek Taplo," kata Sebby dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga: PON Papua: Atlet Gorontalo Silfana Mahmud Incar Medali Emas Muaythai

Kemudian, TPNPB-OPM juga melaporkan terdapat 4 prajurit TNI yang tewas dan 1 anggota lainnya luka-luka.

Mereka juga bertanggung jawab atas pembakaran fasilitas milik pemerintah. Kendati begitu, mereka tidak menjelaskan fasillitas pemerintah apa yang dimaksud.

Dalam laporan yang sama, Brigadir Jenderal Lamek Tablo berpesan akan memberantas semua orang di tanah Ngalum yang bukan berasal dari ras melanesia.

"Jika warga non Papua yang ada di Pengunungan Bintang segera keluar dari Okisibil sebelum pasukan saya bertindak."

Baca Juga: Faktor Cuaca Buruk, Pemkab Intan Jaya Bantah Klaim Pesawat Rimbun Air Jatuh Ditembak OPM

Komentar