alexametrics

Ciri-ciri Pantun, Beserta Jenis dan Contohnya

Rifan Aditya
Ciri-ciri Pantun, Beserta Jenis dan Contohnya
Ilustrasi ciri-ciri pantun, beserta jenis dan contoh - Pantun gombal dari siswa untuk guru. (Facebook/Makan Viral Johor)

Berikut berbagai jenis dan ciri-ciri pantun yang wajib diketahui masyarakat Indonesia.

Suara.com - Pantun merupakan salah satu bentuk puisi asli Indonesia yang lahir dari budaya Melayu. Pantun memiliki aturan pada setiap baris dan baitnya. Tapi tahukah kalian ciri-ciri pantun?

Berikut berbagai jenis dan ciri-ciri pantun yang wajib diketahui masyarakat Indonesia. 

Pengertian Pantun

Menurut KBBI pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu) yang tiap bait (kuplet) biasanya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b), tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk tumpuan (sampiran) saja dan baris ketiga dan keempat merupakan isi. 

Baca Juga: Kumpulan Pantun Cinta untuk Kekasih

Dikutip dari laman kemdikbud.go.id, pantun merupakan salah satu bentuk syair Melayu yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan maupun emosi. Di dalamnya terdapat seni penyampaian yang metaforis menggunakan bahasa halus dan sopan. 

Pada masa lampau, pantun merupakan sebuah tradisi lisan yang diajarkan oleh para tetua atau pemuka adat kepada generasi yang lebih muda dalam kehidupan sehari-hari maupun kegiatan adat yang lebih formal. 

Pantun telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020.

UNESCO menilai pantun memiliki makna penting bagi masyarakat Melayu bukan hanya sebagai alat komunikasi sosial tetapi juga kaya akan nilai-nilai yang menjadi panduan moral. 

Ciri-ciri Pantun

Baca Juga: Sambut HUT ke-76 RI, Yuk Kirim Pantun Kemerdekaan lewat WA

Pantun memiliki rangkaian bait yang unik dan berbeda dari puisi pada umumnya. Berikut ciri-ciri pantun dikutip dari berbagai sumber. 

Komentar