alexametrics

Kapan Maulid Nabi 2021? Beserta Contoh Tradisinya di Indonesia

Rifan Aditya
Kapan Maulid Nabi 2021? Beserta Contoh Tradisinya di Indonesia
Kapan Maulid Nabi 2021 - Ilustrasi kaligrafi nama Nabi Muhammad berbentuk hati. (Shutterstock)

Maulid Nabi merupakan salah satu peristiwa bersejarah dalam Agama Islam setiap tahunnya selalu dirayakan. Lalu kapan Maulid Nabi 2021 diperingati?

Suara.com - Maulid Nabi merupakan salah satu peristiwa bersejarah dalam Agama Islam setiap tahunnya selalu dirayakan. Lalu kapan Maulid Nabi 2021 diperingati?

Terkait kapan Maulid Nabi 2021 diperingati akan dijelaskan dalam artikel ini. Namun perlu anda ketahui bahwa dalam kalender Masehi tahun 2021 terdapat perubahan hari libur Nasional dan cuti bersama.

Perubahan tersebut juga terjadi pada peringatan Maulid Nabi 2021 atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW tahun ini. Apa yang harus dilakukan selama perayaan Maulid Nabi? Berikut adalah ulasan tentang peringatan Maulid Nabi 2021 dan tradisi perayaanya.

Kapan Maulid Nabi 2021?

Baca Juga: LENGKAP Sejarah Maulid Nabi Muhammad, Lakukan Ini Agar Mendapat Pahala Melimpah

Dalam penanggalan Hijriyah, hari kelahiran Rasulullah jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal. Pada tahun ini tanggal tersebut jatuh pada hari Selasa, 19 Oktober 201.

Namun mengingat masih situasi pandemi, pemerintah Indonesia memutuskan tanggal merah atau hari libur nasional perayaan Maulid Nabi 2021 diubah menjadi tanggal 20 Oktober 2021. Meskipun demikian seluruh Umat Islam dapat merayakannya sesuai dengan kalender hiriyah.

Kesepakatan tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 642 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020, Nomor 4 tahun 2020 Tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2021.

Perayaan Maulid Nabi

Umumnya, setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki adat perayaan Maulid Nabi Muhammad yang berbeda, contohnya di Jawa Tengah tepatnya di Kota Solo dan Yogyakarta. Kedua kota tersebut merayakan Maulid Nabi dengan cara menjalankan tradisi ‘grebek maulid’, faktanya prosesi sakral ini diinisiasi oleh pihak keraton.

Baca Juga: Sejarah Maulid Nabi Muhammad hingga Amalan Sunnah dalam Memperingatinya

Berbeda halnya dengan tradisi Maulid Nabi yang dilakukan oleh masyarakat Mojokerto. Salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur itu merayakannya dengan cara menggelar upacara ‘keresan’. Pada

Komentar