alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Cek Fakta: Benarkah Raja Thailand Bersholawat Agar Corona Hilang dari Indonesia?

Dany Garjito | Aulia Hafisa
Cek Fakta: Benarkah Raja Thailand Bersholawat Agar Corona Hilang dari Indonesia?
Raja Thailand dan Istrinya Bersholawat Agar Corona Hilang dari Bumi? (Turnbackhoax.id)

Beredar klaim bahwa Raja Thailand dan istrinya bersholawat agar Corona hilang dari dunia dan negeri ini. Benarkah?

Suara.com - Akun Facebook Anis Rosita membagikan sebuah video berdurasi 1 menit 7 detik pada 5 Juli 2021, dengan klaim Raja Thailand dan istrinya bersholawat agar Corona hilang dari dunia dan negeri ini.

Selain Raja Thailand, terlihat beberapa tamu undangan lain yang turut berdoa di sana.

Berikut narasi yang beredar:

"Malu nggak? Malu nggak.. malu nggak ya malulah masa enggak.. di Indonesia didoain sama negara lain biar cepet hilang coronanya.. Sedangkan di luar negeri dll udah aman dari Corona. Yuk mari kita berdoa"

Baca Juga: Penjual Ini Klaim Mie Ayamnya Bisa Cegah Covid-19 Lho, Penasaran?

Raja Thailand dan Istrinya Bersholawat Agar Corona Hilang dari Bumi? (Turnbackhoax.id)
Raja Thailand dan Istrinya Bersholawat Agar Corona Hilang dari Bumi? (Turnbackhoax.id)

Lalu benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan media Suara.com, video itu adalah video di tahun 2019 saat Raja Thailand Vajiralongkorn menghadiri acara Maulid Nabi pada April 2019.

Saat mengunggah tangkapan layar dari video tersebut, ditemukan gambar serupa terdapat di saluran Youtube NBT World, dengan judul “HM the King attends Maulid Nabi event”, diunggah pada tanggal 3 April 2019.

Dalam keterangan video berbunyi: “Siaran langsung Yang Mulia Raja memimpin Maulid Tahunan di Thailand tahun 1440 Hijriah, di Pusat Administrasi Urusan Agama Islam Nasional Chalerm Phrakiat, 3 April, 62 BE.

Video yang diunggah sudah diedit dengan menambahkan suara shalawat dari Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf.

Baca Juga: Viral Jemaah Sebut Covid-19 Hanya Muncul di Rumah Sakit, Corona Tak Ada di Masjid

Video serupa juga pernah dibahas dalam artikel turnbackhoax.id berjudul “[SALAH] Video Raja Thailand dan Istrinya bersholawat agar Corona hilang dari Dunia dan negeri ini.”, terbit pada 7 Juli 2020.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar