alexametrics

Pamer Alutsista TNI yang Baru Dibeli, Jokowi: Ini Bentuk Transparansi ke Publik

Agung Sandy Lesmana | Ummi Hadyah Saleh
Pamer Alutsista TNI yang Baru Dibeli, Jokowi: Ini Bentuk Transparansi ke Publik
Presiden Jokowi dan rombongan saat meninjua alutista di HUT TNI ke-76 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/10/2021). (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

"Dan kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu misalnya kita telah memiliki Astros sebanyak 56, misalnya. Ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km..."

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pameran alutsista yang ada di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/10/2021). Jokowi bersama rombongan mengendarai mobil penumpang golf mini dari halaman Istana Merdeka.

Jokowi pun tampak menyopiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang duduk di sebelahnya. Sementara di bagian belakang kursi penumpang, ada Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wury Ma'ruf Amin.

Di belakang mobil Jokowi, terdapat lima mobil golf mini lainnya, yang membawa Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal, Andika Perkasa; Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono; Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, Panglima TNI Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto; dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Peninjauan tersebut usai upacara peringatan HUT TNI ke-76 di halaman Istana Merdeka.

Baca Juga: Jokowi Beri Tanda Kehormatan kepada Tiga Prajurit TNI di Istana, Ini Nama-namanya

Usai meninjau, Jokowi mengatakan pameran alutsista tersebut merupakan sebuah bentuk transparansi kepada publik, bahwa APBN telah digunakan untuk membeli alutsista.

"Hari ini dalam rangka Hari Ulang tahun TNI yang ke-76, kita memamerkan alutsista kita. Dan ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini," ujar Jokowi di Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (5/10/2021).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap masyarakat mengetahui bahwa TNI telah memiliki roket Astros sebanyak 56 unit.

"Dan kita harapkan publik, masyarakat bisa tahu misalnya kita telah memiliki Astros sebanyak 56, misalnya. Ini roketnya bisa meluncur jarak 39 km. Dan yang lain-lainnya nanti ditanyakan ke Panglima TNI, KASAD, KASAL, KASAU," ucap dia.

Tak hanya itu, Kepala Negara menyebut alutsista yang dipamerkan merupakan pembelian baru.

Baca Juga: Pidato di HUT TNI ke-76, Jokowi: Perang Melawan Covid Menguras Tenaga, Mental dan Pikiran

"Inilah yang kita miliki. Dan ini adalah pembelian-pembelian baru. Misalnya kalau yang Astros tahun barapa? Ini baru aja di 2014 kita membeli ini. Jadi kelihatan sekali barangnya masih barang baru semuanya," katanya.

Komentar