alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Viral Gadget dan Wifi Sebabkan Anak Terkena Kanker Darah, Benarkah?

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA: Viral Gadget dan Wifi Sebabkan Anak Terkena Kanker Darah, Benarkah?
CEK FAKTA Gadget dan Wifi Sebabkan Anak Terkena Kanker Darah. (Turnbackhoax.id)

Beredar narasi gadget dan wifi telah menyebabkan seorang anak di Yogyakarta terkena kanker darah. Benarkah?

Suara.com - Beredar narasi gadget dan wifi telah menyebabkan seorang anak di Yogyakarta terkena kanker darah. Padahal, anak tersebut awalnya tidak menunjukkan gejala apapun.

Narasi ini beredar di media sosial Facebook. Seorang warganet membagikan unggahan yang berisi curhatan seorang bibi mengenai kondisi keponakannya.

Ia mengatakan keponakannya yang masih kecil sudah terbaring 2 minggu di rumah sakit. Penyebabnya, sang keponakan didiagnosis terkena kanker darah.

Hasil diagnosis itu sontak membuat keluarga syok. Bagaimana tidak, sang anak selama ini selalu aktif dan tidak menunjukkan gejala apapun.

Baca Juga: INFOGRAFIS : Data Pengguna PeduliLindungi Direkam Singapura?

Namun, sang anak kemudian mulai menunjukkan gejala signifikan hanya dalam waktu 1 bulan. Mulai dari sariawan, demam, sampai mata membengkak.

Saat di bawa ke rumah sakit, dokter mengatakan sang anak terkena kanker darah. Sang bibi mengatakan keponakannya itu terkena kanker darah akibat radiasi gadget dan wifi.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

"…Dengan *kemotraphy* dan *pengambilan sumsum tulang belakang* menjadikan kami sekeluarga sedih, prihatin, kenapa anak sekecil ini harus menderita sakit seperti itu… _adakah salah kami… ??_

_Lantas saya mencari jawaban apa yang menyebabkan anak ini sakit seperti ini…_

Baca Juga: Cara Ganti Password Wifi Lewat Hp dan Laptop, Ikuti Langkah Ini

Pihak medis menjawab banyak faktor .. salah satunya adalah terkena *RADIASI (bersumber dari Gadget, radiasi Wifi)* . Tersentak kami baru sadar, kami baru percaya, karena selama ini ananda Zein Raffael *sangat intens bermain gadget* (hp dengan you tube-nya) dan dari pancaran Wifi yang ada di rumah kami.. dan membiarkannya karena anak dirasa diam saat bermain gadgetnya…"

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar