alexametrics

Ketua DPW Jateng Suyatno Tutup Usia, Ketum PAN: Kami Kehilangan Lagi Kader Terbaik

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Ketua DPW Jateng Suyatno Tutup Usia, Ketum PAN: Kami Kehilangan Lagi Kader Terbaik
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Suara.com/Ria Rizki)

"Berita duka seperti ini adalah yang kesekian kali dialami oleh kader-kader PAN."

Suara.com - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN), Suyatno, meninggal dunia pada Minggu (10/10/2021).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tidak bisa menutupi kesedihannya karena harus kehilangan kader-kader terbaiknya dalam beberapa bulan terakhir.

"Berita duka seperti ini adalah yang kesekian kali dialami oleh kader-kader PAN," kata Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Zulkifli menjelaskan, sebelum Suyatno berpulang, PAN telah kehilangan Ketua Fraksi PAN MPR RI Dr Ali Taher Parasong, anggota DPR RI asal Papua John Siffin Mirin, mantan Bupati Yahukimo dan Ketua DPW PAN Papua Abock Busuf.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Doakan Ridwan Kamil Jadi Gubernur Indonesia, Pertanda 2024?

Selain itu terdapat anggota lainnya yang juga meninggal dunia.

"Hari ini, kami kembali kehilangan salah seorang kader terbaik kami. Cobaan seperti ini tidak mudah dihadapi. Kami percaya bahwa Allah memiliki rahasia paling baik dan indah dibalik semua duka ini," ujarnya.

Berbicara soal Suyatno, Zulkifli mengenang sosok mendiang sebagai kader terpelajar dan memiliki pemikiran-pemikiran maju. Sepengetahuannya, Suyatno langsung bekerja keras setelah diberikan amanah menjadi ketua DPW PAN Jateng.

Karena khawatir, ia mengaku seringkali mengingatkan Suyatno untuk tetap menjaga kesehatan.

"Kadang-kadang, saya yang merasa khawatir atas aktivitasnya yang padat. Saya sering mengingatkan agar tetap jaga kesehatan. Jangan terlalu capek dan sediakan ruang untuk istirahat. Wafatnya beliau hari ini, seakan menjawab kekhawatiran saya beberapa waktu terakhir," tuturnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Jadi Pembicara Acara Workshop PAN di Bali, Ini Kata Zulhas

Dalam kesempatan yang sama, Zulkifli juga sempat kaget karena tidak menyangka di balik gigihnya Suyatno saat bekerja ternyata ada penyakit yang terus mengganggu kesehatannya.

"Saya tidak menyangka, dibalik keramahan dan semangatnya yang menggelora, ternyata ada sakit yang diderita. Ini rahasia Allah yang tidak diketahui oleh kita sebagai manusia," tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan kalau kerja keras Suyatno sebagai Ketua DPW PAN Jateng sudah memperlihatkan hasil. Meski baru menjabat, namun konsolidasi di Jateng hampir rampung.

Pada penghujung pesannya, Zulkifli pun menyampaikan ucapan duka cita atas berpulangnya Suyatno. Ia meyakini kalau mendiang Suyatno meninggal dalam kondisi khusnul khatimah.

"Atas nama kader PAN se-Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang cukup mendalam. Saya yakin bahwa almarhum husnul khatimah. Dosa dan kesalahannya diampuni. Dan seluruh keluarga diharapkan dianugerahi kesabaran dan ketabahan".

Sebelumnya, kabar duka datang dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN) Jawa Tengah, Suyatno, meninggal dunia, Minggu (10/10/2021).

Mantan Bendahara Umum PP Muhammadiyah itu sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam Muhammadiyah dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. karena sakit leukimia dan tumor.

Komentar