alexametrics

Heboh Wanita Keluarkan ASI dari Ketiak, Ini Penjelasan Dokter

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Heboh Wanita Keluarkan ASI dari Ketiak, Ini Penjelasan Dokter
Ilustrasi ketiak. (Shutterstock)

Wanita ini panik karena ada ASi yang keuar dari ketiaknya.

Suara.com - Seorang wanita di Portugal panik setelah menyadari ketiaknya mengeluarkan air susu alias ASI, dua hari setelah dia melahirkan.

Ia buru-buru membuat janji dengan dokternya dan mereka mengatakan ada benda yang bulat dan keras di ketiak wanita ini dan ketika ditekan, itu mengeuarkan cairan putih.

Menyadur Sky News Sabtu (16/10/2021), dalam sebuah laporan baru di 'New England Journal of Medicine' dokter yang memeriksanya mengatakan itu adalah ASI.

Dr Cristiana Marinho-Soares dan Dr Maria Pulido-Valente dari Rumah Sakit Santa Maria di Lisbon, Portugal mendiagnosisnya dengan polymastia, suatu kondisi di mana jaringan tambahan payudara berkembang di sepanjang bekas embrio mammary ridge.

Baca Juga: Viral Aksi Istri Waxing Bulu Ketiak Suami Disorot: Nyawanya Berasa Ikut Kecabut

Penelitian menunjukkan antara 2% dan 6% wanita dilahirkan dengan jaringan payudara tambahan dan perlu pemeriksaan rutin untuk kanker payudara.

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi bayi minum ASI. (Shutterstock)

Jaringan tambahan ini tumbuh sebagai hasil perkembangan embrio - seringkali di daerah ketiak - ketika sel-sel yang menjadi kelenjar susu membentuk garis dari ketiak ke selangkangan.

Biasanya "punggungan payudara" atau "garis susu" ini menghilang saat janin berkembang, kecuali di payudara. Namun kadang-kadang tetap ada dan jaringan payudara tambahan terbentuk di tempat-tempat ini di dalam tubuh.

Dalam beberapa kasus, jaringan payudara tambahan mungkin muncul dengan puting susu berlebih, tapi dalam bagian tubuh yang tidak ada puting susu, maka bisa memeras susu dari jaringan tersebut.

Seperti dilansir Live Science, sebuah makalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Mayo Clinical Proceedings pada tahun 1999 menggambarkan seorang ibu berusia 18 tahun yang mampu memompa ASI dari jaringan payudara di ketiaknya untuk menghilangkan rasa sakit.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kulit Hitam di Ketiak

Komentar