alexametrics

Berkembang Biak Tanpa Kendali, Pemerintah Kolombia Sterilkan Kuda Nil Pablo Escobar

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Berkembang Biak Tanpa Kendali, Pemerintah Kolombia Sterilkan Kuda Nil Pablo Escobar
Ilustrasi kuda nil (Shutterstock).

Kuda nil milik Pablo Escobar berkembang biak tanpa kendali.

Suara.com - Pemerintah Kolombia terpaksa mensterilkan kuda nil milik Pablo Escobar karena hewan itu berkembang biak tak terkendali, kata organisasi perlindungan lingkungan Cornare.

Menyadur Get To Text Sabtu (16/10/2021), Escobar awalnya memelihara dua ekor kuda nil (masing-masing jantan dan betina) juga hewan eksotis lainnya seperti jerapah, zebra dan kanguru di peternakan.

Setelah kematiannya, semua hewan itu dijual kecuali kuda nil yang hingga saat ini jumlahnya terus bertambah hingga jadi 80 ekor.

Cornare mengatakan, 24 kuda nil telah diberi obat bernama Gonacon dengan bantuan anak panah. Ini adalah alat kontrasepsi yang efektif untuk pria dan wanita.

Baca Juga: Kisah Maradona dan Pablo Escobar, Pernah Berpesta di Dalam Penjara

Sedangkan 11 kuda nil lainnya disterilkan dengan cara konvensional.

Properti Pablo Escobar [shutterstock]
Properti Pablo Escobar [shutterstock]

Kawanan kuda nil yang diprediksi menjadi terbesar di luar Afrika ini semakin menimbulkan masalah dan pernah menyerang nelayan beberapa kali.

“Kehadiran hewan-hewan ini di ekosistem yang bukan miliknya memiliki konsekuensi seperti tergesernya fauna lokal,” kata karyawan Cornare, David Echeverri.

Setelah kematian Escobar pada tahun 1933, terjadi perselisihan mengenai kepemilikan lahan pertaniannya 400 kilometer barat laut ibu kota Bogotá.

Taman hewan pribadi Hacienda Napoles akhirnya dibuka sebagai daya tarik bagi wisatawan.

Baca Juga: Restoran Bertema Pablo Escobar Bikin Warga Marah, Menunya Bikin Melongo

Komentar