alexametrics

Bolehkah Istri Merekam Video Buka Aurat untuk Suami?

Rifan Aditya
Bolehkah Istri Merekam Video Buka Aurat untuk Suami?
Bolehkah Istri Merekam Video Buka Aurat untuk Suami - Ilustrasi wanita muslim, wanita hijab pakai handphone kirim ucapan hari besar, ucapan idul fitri, ucapan idul adha (Elemen Envato)

Bolehkah istri merekam video buka aurat untuk suami? Ini jawaban Buya Yahya.

Suara.com - Tidak sedikit pasangan suami istri yang harus terpisah jarak dan tinggal berjauhan karena alasan tertentu, seperti dinas pekerjaan. Maka untuk melepas kerinduan, suami kemudian meminta istri merekam buka aurat untuk suami lewat video call. Lantas, apakah hal ini diperbolehkan dalam Islam? 

Melansir laman YouTube Al-Bahjah TV (16/10/2021), Buya Yahya menjawab pertanyaan bolehkah istri merekam video buka aurat untuk suami. Simak penjelasannya di bawah ini. 

"Seorang istri tidak ada aurat-auratan dengan suami, semuanya bisa dilihat. Jika dari alam nyata saja bisa dilihat, apalagi melalui video", Buya Yahya menyampaikan. 

Buya Yahya mengatakan bahwa boleh saja istri merekam video buka aurat untuk suami yang memang kondisi mereka sedang berjauhan atau terpisah jarak. Namun perlu diketahui bahwa ada kemungkinan masalah yang akan timbul. 

Baca Juga: Penjelasan Buya Yahya Tentang Arti Mimpi Baik dan Buruk Menurut Islam

"Tapi yang jadi permasalahan, di saat suami berjauhan dengan istri, kalau bangkit syahwatnya bagaimana cara menyelesaikannya? Karena bersenang-senang dengan tangan itu haram. Kecuali kalau kuat ingin melihat, mungkin kangen, silakan lihat. Tapi jangan sampai melakukan keharaman", jelas Buya Yahya. 

Jadi perlu dipahami, bahwa istri merekam video buka aurat untuk suami memang tidak dilarang, tapi sebaiknya dihindari jika memicu melakukan pelampiasan yang hukumnya haram. 

Sedangkan menyimpan video membuka aurat, sebaiknya dihindari. Pasalnya, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depan. Bisa jadi, video yang kita simpan tersebut bisa dilihat oleh orang lain. 

"Kalau sudah soal aurat, jangan diabadikan dalam bentuk foto, video, dan sebagainya. Karena Anda tidak bisa memastikan sampai kapan Anda bisa menjaga itu," jelas Buya Yahya. 

Kesimpulannya, Buya Yahya menyampaikan bahwa boleh suami dan istri saling membuka aurat melalui video call. Kalau hanya melihat, maka itu dianggap merupakan hal yang wajar.

Baca Juga: Mimpi Menurut Islam, Ini Penjelasan Buya Yahya

Apabila kemunculan syahwat bisa dikendalikan oleh suami, maka juga tidak menjadi masalah. Perkara yang menjadikan perbuatan ini terlarang adalah apa yang akan dilakukan selanjutnya, saat suami mencari pelampiasan dengan cara yang haram. 

Komentar