alexametrics

Daftar 6 Sungai Terpanjang di Indonesia, Ada yang Sampai Seribu Kilometer

Rifan Aditya
Daftar 6 Sungai Terpanjang di Indonesia, Ada yang Sampai Seribu Kilometer
Daftar 6 Sungai Terpanjang di Indonesia, Ada yang Sampai Seribu Kilometer - Sungai Kapuas di Kalimantan Barat. (Antara/M Khusyairi)

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang daftar 6 sungai terpanjang di Indonesia, mari simak!

Suara.com - Sungai telah dimanfaatkan sebagai jalur transportasi oleh beberapa daerah di Indonesia. Khususnya, masyarakat yang yang tinggal di sekitar wilayah dengan sungai terpanjang di Indonesia

Dengan adanya sungai yang terbentang luas dan panjang membuat seseorang tetap dapat melakukan aktivitas dan mobilitas tanpa harus terkendala padatnya lalu lintas. Lalu mana saja sungai terpanjang di Indonesia itu?

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang daftar 6 sungai terpanjang di Indonesia, mari simak!

Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

Baca Juga: Perahu Ces Karam di Sungai Mahakam, 1 Orang Tenggelam Belum Ditemukan

Menurut penjelasan yang dipaparkan oleh Dinamika Hidrosfer (2018), sungai merupakan sebuah saluran air permukaan yang memiiliki bentuk memanjang yang mengalir dari hulu ke hilir secara terus menerus.

Arah air yang terdapat pada aliran sungai dimulai dari tempat yang tinggi menuju tempat rendah, hal ini sesuai dengan sifat dari air itu sendiri. Bermula dari gunung atau dataran tinggi kemudian mengarah pada sungai dan berakhir di lautan.

Berikut adalah 6 sungai terpanjang di Indonesia:

1.       Sungai Kapuas

Sungai terpanjang di Indonesia yang pertama adalah sungai Kapuas, sungai yang terletak di provinsi Kalimantan Barat ini memiliki total panjang 1.143 km. Letak hulu sungai Kapuas berada di pegungungan Muller dan bermuara si Selat Karimata (Laut Cina Selatan).

Baca Juga: Festival Mahakam Digelar Lagi, Lomba Berenang Seberangi Sungai dan Perahu Naga Ditiadakan

Sungai Kapuas menjadi komponen utama penunjang aktifitas masyarkakat suku Dayak, selain sebagai sarana transportasi sungai Kapuas juga berperan sebagai sumber mata pencaharian nelayan sekitarnya.

Komentar