alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Suporter Sepak Bola Liga Jerman Bentuk Mosaik Rasulullah di Tribun, Benarkah?

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA: Suporter Sepak Bola Liga Jerman Bentuk Mosaik Rasulullah di Tribun, Benarkah?
CEK FAKTA Suporter Sepak Bola Liga Jerman Bentuk Mosaik Rasulullah di Tribun. (Turnbackhoax.id)

Beredar narasi suporter sepak bola Liga Jerman membentuk formasi tulisan Rasulullah dengan mosaik untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad. Benarkah?

Suara.com - Beredar narasi suporter sepak bola Liga Jerman membentuk formasi tulisan Rasulullah dengan mosaik untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook bernama Essy. Akun ini mengunggah video yang memperlihatkan supporter sepak bola Jerman yang mengenakan jersey berwarna kuning di bagian tribun penonton.

Para suporter terlihat membentuk tulisan "Ya Habibi Ya Rasulullah" untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam narasinya, kejadian tersebut dilakukan oleh supporter tim liga Jerman.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: Pertama Masuk Kuliah, Mahasiswi Ini Langsung Viral Gegara Charger Laptop

Suporter liga jermaan sekaligus memperingati lahirnya sang manusia agung Maulid Nabi Muhammad saw , Membentuk formasi ya habibi Ya Rasulallah…Masyaallah

CEK FAKTA Suporter Sepak Bola Liga Jerman Bentuk Mosaik Rasulullah di Tribun. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Suporter Sepak Bola Liga Jerman Bentuk Mosaik Rasulullah di Tribun. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi suporter sepak bola Liga Jerman membentuk formasi tulisan Rasulullah dengan mosaik untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad tidak benar.

Faktanya, video tersebut tidak dilakukan oleh supporter sepak bola Liga Jerman. Tulisan Rasulullah itu dibentuk oleh suporter tim liga Arab Saudi yang bernama Al Ittihad FC.

Baca Juga: Video Detik-Detik Pesepeda Jadi Korban Jambret HP di Sudirman

Dalam sebuah video yang diunggah di YouTube, terlihat puluhan ribu suporter Al Ittihad meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad. Mereka kompak menyanyikan lagu terkenal ‘‘Tala Al Badru’ Alayna’’.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar