alexametrics

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya

Rifan Aditya
Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya
Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya - Ibrahim al-Masri, muazin dan atlet binaraga dari Acre, Israel, mengumandangkan azan di Masjid Al-Jazzar pada 29 Januari 2019. [AFP/Ahmad Gharabli]

Membaca doa setelah adzan merupakan salah satu bentuk amalan seorang muslim kepada Allah SWT.

Suara.com - Umat muslim disunnahkan untuk membaca doa setelah adzan berkumandang. Ada beberapa keutamaan bagi seorang muslim yang berdoa setelah adzan. Lebih lengkapnya, berikut ini adalah doa setelah adzan beserta artinya.

Membaca doa setelah adzan merupakan salah satu bentuk amalan seorang muslim kepada Allah SWT. Sebab, Allah SWT telah memberikan keistimewaan bagi siapa yang membaca doa setelah adzan maka akan dikabulkan segala doa yang telah dipanjatkannya.

Hal ini telah tercantum dalam hadist yang berbunyi sebagai berikut:

Rasulullah SAW telah bersabda, “Barang siapa yang mengucapkan setelah panggilan adzan: Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab’tshu maqamammahmudanilladzi wa’adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafaat pada hari kiamat.” (HR. Bukhari)

Baca Juga: Bacaan Adzan Lengkap dengan Iqomah Serta Doa Setelah Azan

Allah SWT juga akan menghapuskan dosa serta memberikan syafaat kepada hamba-Nya sebagaimana diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah Ra, Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka syafaatku baginya di hari kiamat." (HR. Bukhari).

Doa Setelah Adzan dan Artinya

Berikut ini adalah bacaan doa setelah adzan beserta artinya yang perlu diketahui.

“Allaahumma robba haadzihid da’watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal ‘aaliyatar raofii’ata wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtahu, innaka laa tukhliful mii’aada yaa arhamar roohimiina”

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniai nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang”.

Baca Juga: Viral Reaksi Sejumlah Ibu Petani Shalat Usai Dengar Adzan, Warganet: Masyaallah Malu Saya

Doa Setelah Adzan Maghrib dan Artinya

Komentar