alexametrics

7 Manfaat Sedekah dalam Islam yang Dapat Memuliakan Hidup

Rifan Aditya
7 Manfaat Sedekah dalam Islam yang Dapat Memuliakan Hidup
7 Manfaat Sedekah dalam Islam yang Dapat Memuliakan Hidup - Ilustrasi sedekah. (Pexels.com/Jon Tyson)

Berikut adalah 7 manfaat sedekah dalam Islam yang dapat memuliakan hidup umat muslim.

Suara.com - Bersedekah merupakan salah satu tindakan mulia dihadapan Allah SWT. Dengan bersedekah, umat muslim akan mendapatkan banyak manfaat dan ganjaran pahala dari Allah SWT. Berikut adalah 7 manfaat sedekah dalam Islam yang dapat memuliakan hidup umat muslim.

Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT yang memiliki banyak sekali keutamaan seperti dihapuskan segala dosa hingga dikabulkannya segala doa yang dipanjatkan. Hal itu telah tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 271 yang berbunyi:

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Baqarah: 271)

Oleh karena itu umat muslim selalu diajarkan untuk selalu menjadi pribadi dermawan yang bersedekah terhadap orang yang membutuhkan. Berikut ini adalah 7 manfaat sedekah yang perlu diketahui.

Baca Juga: Ibu Ini Jual Nasi Megono 6 Porsi Rp18 Ribu, Definisi Dagang Sekaligus Sedekah

1.     Sedekah menjadi pembuka pintu rezeki

Bagi seorang muslim yang rajin untuk bersedekah kepada sesama akan dibukakan pintu rezekinya. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist yang berbunyi: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi)

2.     Menyembuhkan penyakit yang ada pada diri

Manfaat sedekah selanjutnya adalah dapat menyembuhkan penyakit dalam diri. Bersedekah merupakan tindakan positif yang dapat mendatangkan hikmah dan meningkatkan imun sehingga tubuh lebih kuat sehingga terhindar dari penyakit.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).

Baca Juga: Amalan Penolak Bala Selain Taubat, Simak Ini Ceramah Syekh Ali Jaber

3.     Terhindar dari penyakit hati

Komentar