alexametrics

7 Tahun Kepemimpinan Jokowi, Partai Ummat: Makin Represif, Oligarki Menguat

Erick Tanjung | Stephanus Aranditio
7 Tahun Kepemimpinan Jokowi, Partai Ummat: Makin Represif, Oligarki Menguat
Presiden Joko Widodo. (BPMI - Sekretariat Presiden)

"Kemudian dalam beberapa konteks cenderung represif, beberapa organisasi dibuat terlarang, beberapa tokoh ditangkap," kata Ridho.

Suara.com - Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengkritik kondisi demokrasi Indonesia di masa pemerintahan presiden Joko Widodo yang semakin memburuk. Hal itu tercermin dari tindakan aparat yang makin represif membungkam orang yang mengkritisi kinerja pemerintahan.

"Pemerintah cenderung mengangkat sebagian tapi menjatuhkan sebagian. Kemudian dalam beberapa konteks cenderung represif, beberapa organisasi dibuat terlarang, beberapa tokoh ditangkap," kata Ridho saat jumpa pers di Kantor DPP Partai Ummat, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (22/10/2021).

Dia menyebut kondisi ini disebabkan oleh kepentingan politik koalisi yang semakin gemuk, sehingga kebijakan yang diambil tidak pro rakyat.

"Atmosfer oligarki juga semakin kental, kami melihat ini semua karakteristik dari low politics atau politik kualitas rendah," ujarnya.

Baca Juga: Ketua Umum Partai Ummat Sebut Jokowi Berbohong

Menurut Ridho, kondisi ini tidak baik untuk perkembangan demokrasi Indonesia karena setiap kebijakan hanya mengutamakan kepentingan oligarki.

"Sulit bagi kami melakukan semua tujuan untuk menegakkan keadilan, itu situasi politik saat ini, alam demokrasi dan hukum kita," pungkas Ridho.

Komentar