alexametrics

3 Makna Sumpah Pemuda yang Penting Diketahui Para Generasi Penerus Bangsa

Rifan Aditya
3 Makna Sumpah Pemuda yang Penting Diketahui Para Generasi Penerus Bangsa
3 Makna Sumpah Pemuda yang Penting Diketahui Para Generasi Penerus Bangsa - Museum Sumpah Pemuda di Jakarta. (Instagram/@kembangmerah)

Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam maknanya, berikut ini makna Sumpah Pemuda yang dilansir dari berbagai sumber.

Suara.com - Sebentar lagi Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda 2021 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2021. Sumpah Pemuda memiliki makna yang mendalam. Bagi yang ingin mengetahuinya, simak berikut ini makna Sumpah Pemuda.

Diketahui, Sumpah Pemuda bagian dari  sejarah dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Hari Sumpah Pemuda mengobarkan semangat juang rakyat Indonesia, khususnya para pemuda dalam memperjuang kemerdekaan Republik Indonesia. 

Hari Sumpah Pemuda lahir di Batavia (Jakarta) pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda terlahir dari Kongres Pemuda II, yang mana Kongres tersebut digelar selama dua hari, tepanya pada tanggal 27-28 Oktober 1928.

Sumpah pemuda memiliki makna yang begitu mendalam dan tentunya penting ditanamkan dalam jiwa. Untuk itu, kita harus mengetahui makna Sumpah Pemuda.

Baca Juga: 12 Ucapan Sumpah Pemuda 2021 yang Penuh Inspirasi

Makna Sumpah Pemuda

Nah, bagi yang ingin mengetahui lebih dalam maknanya, berikut ini makna Sumpah Pemuda yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Mengajarkan Nilai-nilai Persatuan

Sumpah Pemuda mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, para pemuda memiliki semangat juang yang sangat besar.

Pemuda maupun pemudi menjadi tokoh Sumpah Pemuda yang telah mengorbankan tenaga, waktu, pikiran, dan moral bahkan harta benda guna menyatukan bangsa Indonesia. 

Baca Juga: Catat Tanggalnya, P3KS Gelar Festival Pemuda Pemudi Bersatu

2. Menumbuhkan Kebanggaan 

Komentar