alexametrics

Viral Surat Terbuka Para Kapolsek Ngadu ke Kapolri karena Dipalak, Kapolda Sulut: Hoaks!

Agung Sandy Lesmana | Muhammad Yasir
Viral Surat Terbuka Para Kapolsek Ngadu ke Kapolri karena Dipalak, Kapolda Sulut: Hoaks!
Kapolda Sulut Irjen Nana Sudjana. [ANTARA/Fianda Rassat]

"Paminal Propam Polda sudah melakukan elicting dan penyelidikan kepada para Kapolsek, hasilnya tidak ada permintaan dari anggota Biro SDM Polda tersebut."

Suara.com - Surat terbuka mengatasnamakan jajaran Kapolsek di Polda Sulawesi Utara viral di media sosial. Dalam surat tersebut mereka melaporkan Kasubdit Mutjab Biro SDM Polda Sulut AKP Rentha Pardede kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah melakukan pemerasan berupa uang setoran Rp50 juta perbulan.

Surat terbuka yang mengatasnamakan jajaran Kapolsek di wilayah hukum Polda Sulawesi Utara itu diunggah oleh akun Facebook Mawar Hitam. Tertera dalam surat tersebut ditulis pada 21 Oktober 2021.

Dikonfirmasi terkait isi surat terbuka itu, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Nana Sudjana membantah. Menurutnya, anggota Propam Polda Sulawesi Utara juga telah melakukan wawancara bersifat tersamar atau elicting terhadap para Kapolsek.

"Paminal Propam Polda sudah melakukan elicting dan penyelidikan kepada para Kapolsek, hasilnya tidak ada permintaan dari anggota Biro SDM Polda tersebut," kata Nana kepada wartawan, Minggu (24/10/2021).

Baca Juga: Dua Kapolsek di Bogor Dicopot, Ini Kata Kombes Pol Susatyo

Berdasar hasil penyidikan sementara, mantan Kapolda Metro Jaya itu menyebut bahwa akun Facebook Mawar Hitam yang menyebarkan isi surat dengan mengatasnamakan jajaran Kapolsek ialah akun palsu. Kekinian, pihaknya juga tengah mengidentifikasi pemilik akun untuk mengetahui motifnya menyebarkan surat terbuka hoaks tersebut.

viral surat terbuka para kapolsek mengaku diperas biro SDM Polda Sulut. (tangkapan layar/facebook)
viral surat terbuka para kapolsek mengaku diperas biro SDM Polda Sulut. (tangkapan layar/facebook)

"Dari hasil penyelidikan bahwa akun tersebut palsu dan tim cyber sedang kami kembangkan penyelidikannya," katanya.

Berikut isi surat terbuka yang diunggah akun Mawar Hitam: 

Kotamobagu, 21 Oktober 2021
KPD YTH: Kapolri 

MOHON IJIN JENDERAL,
DGN INI KM PR KAPOLSEK JJRN POLDA SULUT

Baca Juga: Tragis! Tertimbun Rumah Runtuh, Ibu dan Bayi di Kalideres Tewas Berpelukan

MEMBERITAHUKAN TTG PERILAKU OKNUM AGT KASUBAG MUTJAB RO SDM AN. AKP RENTHA PARDEDE DIDUGA KUAT MELAKUKAN PEMERASAN THDP PR KAPOLSEK ADAPUN PERILAKU YAITU DGN CARA :

Komentar