alexametrics

Di Hari Sumpah Pemuda, Ganjar Pranowo Ingat Pocut Meurah Intan, Siapakah Dia?

Fabiola Febrinastri
Di Hari Sumpah Pemuda, Ganjar Pranowo Ingat Pocut Meurah Intan, Siapakah Dia?
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Dok: Pemprov Jateng)

Ganjar mengajak mahasiswa itu gotong royong merawat makam Pocut Meurah Intan.

Suara.com - Upacara Sumpah Pemuda yang digelar Forum Persaudaraan Antar Etnis Nusantara, Kamis (28/10/2021), membuat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo teringat pejuang perempuan asal Aceh, Pocut Meurah Intan. Hal itu karena nama asrama Aceh yang menjadi tempat upacara, juga diberi nama pahlawan berjuluk Singa Betina itu.

Sebelumnya, Ganjar mendapat informasi bahwa Pocut Meurah Intan meninggal di Blora dan dimakamkan di sana. Ia dimakamkan di makam Desa Tegalsari Blora. Dan dari informasi yang didapatkannya, makam Pocut Meurah Intan kurang terawat.

Ketika selesai upacara, Ganjar mengajak para mahasiswa Aceh untuk datang ke Blora. Selain ziarah, Ganjar mengajak mahasiswa itu gotong royong merawat makam Pocut Meurah Intan.

"Saya dengar informasi, ada pejuang perempuan dari Aceh yang dibuang sampai ke Blora dan meninggal di sana. Saya ingat beliau saat masuk ke sini, karena asrama mahasiswa Aceh ini dikasih nama beliau," katanya.

Baca Juga: Kocak! Gara-gara Ini Ganjar Pranowo Pernah Jatuh dari Mobil, Ajudan Tak Lagi Bukain Pintu

Menurut informasi, makam Pocut Meurah Intan saat ini tidak terlalu terawat. Hal ini disayangkan, karena ia adalah orang hebat.

Untuk itu, ia mengajak mahasiswa Aceh untuk datang ke Blora dalam waktu dekat. Tujuannya untuk berziarah sekaligus gotong royong membersihkan dan merawat makam itu.

"Ternyata kawan-kawan mahasiswa Aceh ada yang pernah ke sana dan melihat kondisinya. Memang kurang terawat. Maka saya akan ajak mereka untuk bersama-sama datang, kita bersih-bersih dan merawatnya. Saya ajak mereka biar merasa memiliki," ucapnya.

Tidak hanya mahasiswa Aceh, Ganjar juga mengajak mahasiswa daerah lain yang ikut dalam forum tersebut membantu. Siapapun mereka, dari daerah manapun bisa bergabung dalam kegiatan itu.

"Siapapun mahasiswa nanti yang mau ikut, mau bersama-sama bersih-bersih dan merawat diperbolehkan. Nanti kalau perlu saya yang bangun," pungkasnya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Nonton Film Dokumenter Bareng Eks Napiter Kasus Bom Bali I

Ajakan ini tentu saja disambut antusias oleh para mahasiswa dan pelajar Aceh di Semarang. Mereka mengatakan tidak sabar untuk bersama-sama datang ke makam Pocut Meurah Intan untuk melakukan perawatan.

Komentar