facebook

Klaim Seluruh RPTRA Jakarta Bebas Timbal, Wagub DKI: Kita Standar Internasional

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Klaim Seluruh RPTRA Jakarta Bebas Timbal, Wagub DKI: Kita Standar Internasional
Terminal Kampung Rambutan menyediakan wahana bermain bagi anak-anak di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). (Suara.com/M. Yasir)

Hasil penelitian Nexus3 itu memang pernah dibuktikan pada tahun 2019 lalu.

Suara.com - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Nexus for Health, Environment, and Development (Nexus3) sempat mengungkapkan 32 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) masih menggunakan cat berkandungan timbal. Zat ini berbahaya bagi anak yang bermain di taman tersebut.

Terkait itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membanntahnya. Riza mengatakan saat ini semua RPTRA di Jakarta sudah tidak lagi menggunakan cat yang mengandung zat logam itu.

Riza mengatakan Pemprov DKI sudah menggunakan standar internasional dan memakai cat pada alat bermain anak yang kandungannya lebih aman

"Jadi sekali lagi, kami sudah menggunakan standar internasional, terkait kandungan timbal di RPTRA itu tidak ada," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Baca Juga: Antisipasi Gelombang Ketiga COVID-19, Wagub DKI Imbau Warga: Kurangi Bepergian

Hasil penelitian Nexus3 itu memang pernah dibuktikan pada tahun 2019 lalu. Namun, Riza memastikan saat ini hal itu sudah dievaluasi dan sudah mengganti semua cat pada RPTRA.

"Kandungan itu dari RPTRA sebelum-sebelumnya, tapi sudah diperbaiki untuk kepentingan kesehatan anak-anak kita," katanya.

Riza pun meminta agar para orang tua tak perlu khawatir lagi jika mengizinkan anaknya bermain di RPTRA. Ia menjamin saat ini semua bahan yang dipakai aman bagi kesehatan anak.

"Soal timbal itu sekarang sudah sesuai dengan standarnya," pungkasnya.

Baca Juga: KPK Selidiki Dugaan Korupsi Formula E, Wagub DKI Yakin Jadwal Balapan Tak Terganggu

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar