alexametrics

Bacaan Ruku Sholat Fardhu Beserta Tata Cara, Doa dan Artinya

Rifan Aditya
Bacaan Ruku Sholat Fardhu Beserta Tata Cara, Doa dan Artinya
Bacaan Ruku Sholat Fardhu Beserta Tata Cara, Doa dan Artinya - Ilustrasi salat. (Pixabay)

Saat melakukan ruku, seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa. Berikut adalah bacaan ruku beserta tata cara melakukannya.

Suara.com - Bacaan ruku dalam sholat wajib maupun sunnah wajib untuk dihafal oleh setiap umat muslim. Hal ini karena, ruku merupakan salah satu rukun dalam sholat yang dilarang untuk dilewatkan.

Saat melakukan ruku, seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa. Berikut adalah bacaan ruku beserta tata cara melakukannya.

Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Hajj ayat 77 untuk memerintahkan umatnya untuk ruku saat sholat yang berbunyi: “Hai orang-orang yang beriman, rukulah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Rabbmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan”. (QS. Al Hajj: 77)

Gerakan ruku dalam sholat menjadi rukun yang wajib untuk dilaksanakan. Ruku merupakan salah satu gerakan sholat dengan memposisikan tubuh dengan menundukkan badan, posisi kedua telapak tangan menyentuh lutut hingga punggu sejajar dengan leher.

Baca Juga: Doa Istikharah Lengkap dengan Bacaan Latin dan Artinya

Tata Cara Ruku

Tata cara ruku harus dilakukan dengan sempurna sebagaimana ruku merupakan rukun sholat fardhu. Setelah membaca surah pendek Al-Quran, kemudian mengangkat tangan dengan mengucapkan “Allahuakbar” lalu membungkukan badan 90 derajat.

Saat membungkukan bada, posisi kedua tangan menyentuh kedua lutut. Sementara itu posisi punggung tidak boleh membungkuk dan harus tegak lurus. Dalam hadist riwayat Ahmad, “Biasanya Rasulullah SAW apabila rukuk, andaikan diletakkan wadah air di atas punggungnya tidak akan tumpah,” (HR. Ahmad).

Ketika posisi ruku, diharuskan untuk membaca doa ruku seperti yang ada di bawah ini.

Bacaan Ruku dan Artinya

Baca Juga: Manfaat Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dengan Dzikir

Subhaana rabbiyal ‘adhiimi wabihamdihi” (3x)

Artinya: “Maha suci Tuhanku yang Maha Agung dan segala puji bagi-Nya.”

Sementara itu, hadist dari Aisyah radhiyallahu ‘anha mengenai doa ruku, Rasulullah SAW saat ruku dan sujud memperbanyak membaca doa sebagai berikut.

Subhanakallahumma rabbana wa bi hamdik. Allahummaghfir li.”

Artinya: “Mahasuci Engkau ya Allah, Tuhan kami. Segala puji bagi-Mu wahai Tuhanku. Ampunilah dosaku.” (HR Bukhari dan Muslim)

Demikian adalah ulasan mengenai bacaan ruku, latin, arti beserta tata cara melakukannya. Semoga informasi di atas dapat menjadi pengetahuan baru dan sehingga dapat menyempurnakan ruku dalam sholat.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar