alexametrics

Hari AIDS Sedunia: Sejarah, Tema Tahun Ini dan Ucapan

Rifan Aditya
Hari AIDS Sedunia: Sejarah, Tema Tahun Ini dan Ucapan
Hari AIDS Sedunia: Sejarah, Tema Tahun Ini dan Ucapan

Berikut sejarah Hari AIDS Sedunia beserta tema tahun 2021 ini dan ucapan yang dapat Anda bagikan di media sosial untuk memperingatinya.

Suara.com - Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Pada tahun 2021 ini, Hari AIDS Sedunia jatuh pada hari Rabu, 1 Desember 2021. Lalu bagaimana sejarah Hari AIDS Sedunia itu terjadi?

AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah kumpulan atau gejala infeksi yang muncul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia. Rusaknya sistem kekebalan tubuh ini diakibatkan oleh infeksi HIV atau Human Immunodeficiency Virus.

Sejarah Hari AIDS Sedunia

Peringatan Hari AIDS Sedunia ini dicetuskan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter pada Agustus 1987. Keduanya merupakan petugas informasi pubik dari Program Global AIDS WHO di Genewa, Swiss.

Baca Juga: Waduh! 223 Warga Pekanbaru Disebut Tertular HIV/AIDS

James W. Bunn dan Thomas Netter menyampaikan idenya kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program Global AIDS terhadap penetapan Hari AIDS Sedunia. Dr. Jonathan Mann kemudian menyetujuinya dan merekomendasikan bahwa peringatan ini dapat dilakukan pada 1 Desember 1988.

1 Desember 1988 ditetapkan sebagi Hari AIDS Sedunia karena sudah cukup memiliki waktu berselang sejak pemilu di Amerika Serikat sehingga media dapat beralih fokus kepada peringatan ini. Alasan lain karena bertepatan dengan sebelum hari libur Natal dan Tahun Baru.

Sejak saat itu setiap 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia untuk mengedukasi dan mengkampanyekan bahayanya HIV/AIDS yang menyerang manusia. Pada dua tahun pertama perayaan ini, Hari AIDS Sedunia difokuskan kepada anak-anak dan remaja.

Tema Hari AIDS Sedunia 2021

Tema Hari AIDS Sedunia 2021 adalah “Akhiri Ketimpangan. Akhiri AIDS” yang bertujuan untuk menjangkau orang-orang yang masih kurang kesadaran diri terhadap bahayanya penyakit ini. WHO menyerukan kepada para pemimpin dunia dan orang di seluruh dunia untuk bersatu dalam menghadapi ketidaksetaraan layanan penanganan HIV/AIDS.

Baca Juga: Dinkes DKI Jakarta Temukan Lebih Banyak Kasus HIV/AIDS dari Perkiraan Kemenkes

Ucapan Hari AIDS Sedunia 2021

Berikut ini adalah kumpulan ucapan Hari AIDS Sedunia 2021 yang dikutip dari berbagai sumber.

  1. Pendidikan adalah alat paling efisien untuk membuat orang sadar dan membuat anak-anak kita sadar, untuk melindungi mereka dari bencana AIDS. Selamat Hari AIDS Sedunia 2021!
  2. Selamat memperingati Hari AIDS Sedunia. Hari AIDS Sedunia, 1 Desember 2021. Jauhilah penyakitnya, bukan orangnya.
  3. Berikan cinta, tawa, dan kedamaian pada anak, bukan AIDS. Selamat Hari AIDS Sedunia 2021.
  4. Selamat Hari AIDS Sedunia 2021! Mari kita bekerja untuk masa depan yang lebih baik dan generasi yang lebih sehat. Mari kita akhiri AIDS. Mari kita rayakan Hari AIDS Sedunia dan ciptakan kesadaran.
  5. Salam hangat di Hari AIDS Sedunia untuk semua orang. Semoga kita mengakhiri penyakit yang mengancam jiwa ini untuk membuat generasi kita bebas dari AIDS. Selamat Hari AIDS Sedunia 2021!
  6. Kita semua perlu memiliki pola pikir terbuka dan tangan terbuka terhadap mereka yang menderita AIDS untuk membuat perjalanan ini lebih mudah. Salam hangat di Hari AIDS Sedunia.
  7. Pada kesempatan Hari AIDS Sedunia, kita semua harus berkumpul dan memberikan dukungan emosional dan moral kita kepada mereka yang sedang berjuang melawan AIDS.
  8. Happy World AIDS Day, 1 December. Mari bersama kita jauhi, bersama kita berantas sama-sama.
  9. Selamat Hari AIDS Sedunia 2021. Hari AIDS Sedunia. Mari Lindungi Pekerja, Keluarga dan Bangsa dari Bahaya HIV AIDS.
  10. Jangan biarkan AIDS membunuh orang tapi mari kita bergandengan tangan untuk membunuh AIDS. Selamat Hari AIDS Sedunia.

Demikian adalah sejarah Hari AIDS Sedunia beserta tema tahun 2021 ini dan ucapan yang dapat Anda bagikan di media sosial untuk memperingatinya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda akan bahaya dari HIV/AIDS.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar