facebook

Dinkes DKI Jakarta Temukan Lebih Banyak Kasus HIV/AIDS dari Perkiraan Kemenkes

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Dinkes DKI Jakarta Temukan Lebih Banyak Kasus HIV/AIDS dari Perkiraan Kemenkes
Ilustrasi HIV AIDS. [Envato Elements]

Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan adanya peningkatan temuan kasus HIV/AIDS di tahun 2021, yang melebihi prediksi sebelumnya.

Suara.com - Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan adanya peningkatan temuan kasus HIV/AIDS di tahun 2021, yang melebihi prediksi sebelumnya.

dr. Taufik Alief Fuad, Kepala Bidang Dukungan dan Layanan, Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta, mengatakan awalnya data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprediksi jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Jakarta mencapai 65.916 orang.

ODHA adalah sebutan orang dengan infeksi HIV/AIDS, baik yang terkontrol maupun yang tidak terkontrol mengonsumsi obat antiretroviral (ART).

Tapi nyatanya, seluruh fasilitas kesehatan yang melayani HIV/AIDS berjumlah 192 layanan mampu mendeteksi sebanyak 72.532 kasus, melampaui estimasi awal.

Baca Juga: Peneliti Kembali Menemukan Orang yang Bisa Menghilangkan HIV dari Tubuhnya

ilustrasi HIV. (Shutterstock)
ilustrasi HIV. (Shutterstock)

"Dari 70-ribuan, diketahui yang masih hidup September hingga 2021, yaitu 64.499 sekian," ujar dr. Taufik dalam acara diskusi, Selasa (16/11/2021).

Dari total ODHA yang masih hidup itu, 61.171 orang sudah mengonsumsi ART. Tapi sayangnya, hanya 42 persen atau 27.820 dari total target ODHA yang mengonsumsi ART teratur.

Bahkan jumlah ODHA yang virus HIV-nya berhasil ditekan (tersupresi) atau tidak lagi menularkan virus berkat rutin konsumsi ART, hanya sebanyak 21.569 orang. Sisanya belum tersupresi dan masih bisa menularkan virus HIV.

Tapi tidak perlu panik, mengutip Hello Sehat, menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), penularan HIV hanya bisa terjadi lewat perantara cairan tubuh tertentu.

Cairan tubuh tersebut yaitu darah, air mani, cairan praejakulasi, cairan anus, cairan vagina, dan ASI.

Baca Juga: Pemprov DKI Targetkan 1 Juta Anak Usia 6-11 Tahun Ikut Vaksinasi Covid-19

Namun, agar virus penyebab HIV dapat berpindah dari orang yang terinfeksi, cairan tersebut haruslah masuk ke dalam tubuh orang yang sehat melalui:

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar